Pertama saya menyampaikan bela sungkawa atas bencana kebakaran hutan yang terjadi di Maui, Hawaii
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa atas kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat kepada Wakil Presiden AS Kamala Harris.

“Pertama saya menyampaikan bela sungkawa atas bencana kebakaran hutan yang terjadi di Maui, Hawaii,” kata Presiden Widodo dalam pengantar pertemuan bilateral dengan Kamala Harris di sela KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu.

Presiden Widodo menyampaikan harapan agar para korban yang hilang dalam bencana yang terjadi sejak 8 Agustus 2023 itu dapat segera ditemukan dan keluarga yang terdampak dapat segera pulih dengan cepat.


Diberitakan sebelumnya hingga 3 September 2023 Jumlah orang hilang dalam kebakaran hutan di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat, berkurang menjadi 385 orang dari jumlah yang dirilis pada 24 Agustus sebesar 388 dalam daftar pertama orang hilang.

Menurut Departemen Kepolisian Maui dan Biro Investigasi Federal (Federal Bureau of Investigation/FBI) AS pada Jumat (1/9), kebakaran itu telah menewaskan setidaknya 115 orang.

Otoritas berwenang mengatakan lebih dari 3.000 orang telah ditemukan dalam keadaan selamat, sebelumnya dilaporkan hilang, dan nama mereka telah diinformasikan ke publik.

Bencana kebakaran hutan di Pulau Maui mulai terjadi pada 8 Agustus dan menjalar ke seluruh kota tepi pantai Lahaina di Maui.

Kebakaran hutan itu merupakan salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah Hawaii dan kebakaran hutan paling mematikan di AS dalam lebih dari satu abad.

Baca juga: 385 orang masih hilang dalam kebakaran hutan di Pulau Maui, AS
Baca juga: Biden janji hormati tradisi Hawaii pascakebakaran hutan
Baca juga: Pulau Maui di Hawaii alami kebakaran hutan paling mematikan


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023