Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mengungkapkan seluruh ruas jaringan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 tersambung pada akhir tahun ini.

"Kita sambungkan JORR 2 akhir tahun ini," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian di Gedung DPR RI, Jakarta pada Rabu.

Hedy mengatakan, sejumlah ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan JORR 2 antara lain Tol Serpong - Cinere Seksi 2 Cinere - Pamulang telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada Mei tahun ini.

Sedangkan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3B ditargetkan selesai pada akhir tahun ini dengan progres konstruksi 95,66 persen.

Kemudian ruas Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Cikeas - Cibitung, sebagai bagian dari jaringan JORR 2, juga ditargetkan selesai pada tahun ini, dengan progres konstruksi mencapai 73,8 persen.

"Dengan demikian pembangunan Jaringan Tol JORR 2 berhasil dirampungkan," kata Hedy.

Sebagai informasi, Jaringan Tol JORR 2 terdiri dari enam ruas tol yaitu Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,18 Km), dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34,02 Km).

Kehadiran Jaringan Tol JORR 2 tersebut meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar.

Jaringan Tol ini melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah operasional.

Baca juga: Kendaraan berat dilarang masuk Tol Dalam Kota selama KTT ASEAN

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023