Jakarta (ANTARA) - Grup band Maliq and D’Essentials meluncurkan parfum hasil kolaborasi dengan HMNS yang diberi nama “Untitled Humans”, terinspirasi dari salah satu lagu mereka.

“Setelah konser merayakan 20 tahun, kita mau membuat sesuatu yang berbeda di luar musik, kita memilih ini karena parfum sama dengan musik, yang melekat di setiap orang, bisa mengingatkan kita terhadap suatu momen dalam memori,” ujar vokalis Maliq and D'Essentials Indah Wisnuwardhana saat peluncuran di Jakarta, Rabu.

Parfum pertama Maliq, yang juga produk kolaborasi perdana HMNS dengan figur publik, diambil dari judul lagu mereka “Untitled”, rilisan 2005 yang telah didengar lebih dari 53,6 juta kali di platform streaming Spotify.

Penabuh drum Widi Puradiredja, yang juga mengisi vokal pada lagu “Untitled”, mengatakan bahwa lagu itu merupakan lagu yang amat personal baginya dan seluruh personel Maliq and D’Essentials. "Untitled" juga lagu pertama yang membawa dan membuka karir musik grup yang didirikan pada 15 Mei 2002 itu.

“Kalau mau sesuatu simbol personal dan semangat dari Maliq, ya, lagu itu, kita sangat sentimental dengan lagu itu,” kata Widi.

Ketika “Untitled” dan “HMNS” (singkatan dari Humans/manusia) digabungkan, Widi menjelaskan nama itu berarti siapa pun dapat menggunakan parfum tersebut.

“‘Untitled HMNS’ itu kalau digabung artinya manusia mana pun boleh menggunakan ini, tanpa label,” Widi menjelaskan.

Parfum kolaborasi Maliq & D’essentials dan HMNS "Untitled Humans" yang dipamerkan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023). (ANTARA/Pamela Sakina)
“Untitled Humans” memiliki wangi yang khas, dengan dominasi aroma sandalwood (cendana), dan buah fig (ara). Parfum itu memiliki top notes coriander (ketumbar), violet leaves (daun bunga violet) dan ambrette. Ketiga top notes tersebut bertransisi menjadi middle notes Figolide, Velvet Note, dan Rose Absolute. Sementara cendana, cypriol, dan Vanilla Jungle Essence menjadi base notes.

Kombinasi wewangian itu menghasilkan aroma yang unik, hangat, menyegarkan, sedikit tercium manis yang tidak begitu kuat, dan memberi pengalaman yang menenangkan.

Tidak hanya sekedar kolaborasi, seluruh personel Maliq and D’Essentials secara leluasa ikut sera dalam proses produksi, utamanya pada proses peramuan formula wewangian itu. HMNS menyebut seluruh personel telah menyeleksi formula hingga 12 sample atau contoh produk, sampai akhirnya menemukan formula tepat yang menggambarkan personal grup band jazz itu.

Indah mengatakan mereka mencari aroma yang tidak terlalu menusuk dan tahan lama, dari pagi sampai malam.

“Harapannya parfum ini bisa jadi teman sehari-harinya kalian (penggemar), dengan memiliki parfum ini kalian tidak hanya bisa mencium aroma Maliq, tapi, juga memiliki perjalanan kita,” ujar Lale alias Arya Aditya Ramadhya.

Parfum unisex “Untitled Humans” telah tersedia mulai 6 September 2023 mulai pukul 20.00 WIB, dengan stok terbatas, di seluruh gerai HMNS baik daring maupun luring seharga Rp395.000.

Baca juga: MALIQ & D' Essentials tampil atraktif dalam Konser 20 Tahun berkarya

Baca juga: Berkarya 20 tahun, MALIQ komentari industri musik dan perkembangan AI

Baca juga: Menghirup aroma kayu cendana dapat kurangi kecemasan dan stress

Baca juga: Eau de Toilette vs Eau de Parfum, trik jaga wewangian agar awet


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023