Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pendaftaran pelatihan keterampilan pada bidang tertentu, untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja produktif.

"Kita buka pendaftaran untuk pelatihan keterampilan yang bekerja sama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Belitung," kata Kepala DPMPTK Bangka Tengah Aisyah Sisylia di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, pendaftaran pelatihan bagi tenaga kerja produktif sudah dibuka sejak 4 hingga 13 September 2023 dengan bidang pelatihan budi daya sayur hidroponik, pelayanan pelanggan dan perawatan AC residential.

"Masing-masing bidang pelatihan, menampung sebanyak 16 peserta dengan lima hari pelatihan," ujarnya.

Bagi yang berminat, kata dia, bisa mengisi formulir pendataan calon peserta di link http://tinyurl.com/PelatihanBelitung atau scan via barcode yang sudah tersedia.

"Nanti waktu pelaksanaannya mulai dari 18 hingga 22 September 2023 dan dapat menghubungi 082133606026 (Andre) dan 085267264272 (Endah)," ujarnya.

Sisyilia mengatakan, bahwa ada beberapa benefit yang bakal didapat yakni uang saku, sertifikat kompetensi BNSP dan perlengkapan pelatihan.

Persyaratan pelatihan yakni laki-laki atau perempuan, sehat jasmani dan rohani, minimal usia 17 tahun dan sedang tidak dalam pendidikan normal.

"Kemudian KTP (domisili Bangka Tengah), fotokopi ijazah terakhir dan pas foto 3x4 latar merah sebanyak empat lembar," jelasnya.

Pihaknya berkomitmen menciptakan sumber daya manusia berdaya saing di dunia kerja yang memiliki keterampilan atau skil di bidang masing-masing.

"Ini juga bagian dari upaya kami untuk menekan angka pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi mereka yang memiliki keterampilan," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah targetkan nilai investasi Rp1,4 triliun

Baca juga: Bupati: Bangka Tengah berperan aktif menuju Indonesia Emas 2045

Pewarta: Ahmadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023