Berlin (ANTARA) - Gelaran Internationale Funk Ausstellung (IFA) 2023, salah satu pameran dagang terkemuka di dunia untuk sektor alat elektronik konsumen, yang diselenggarakan di Berlin, ibu kota Jerman, ditutup pada Selasa (5/9).

Ajang yang berlangsung selama lima hari itu memamerkan deretan teknologi dan produk teknologi baru yang dirilis pada tahun ini dengan fokus membangun masa depan yang lebih berkelanjutan, yang merupakan tema dan prioritas utama IFA.

Ekshibitor di ajang itu mencakup perusahaan-perusahaan peralatan rumah tangga dan teknologi besar, seperti Samsung, Hisense, dan Miele, yang menghadirkan ke Berlin berbagai produk hemat daya dan sistem pemantauan penggunaan energi pintar yang membantu rumah tangga menghemat energi.
 
 Seorang peserta pameran memperkenalkan produk kepada pengunjung di stan perusahaan listrik portabel dan energi terbarukan Tiongkok EcoFlow selama IFA 2023 di Berlin, ibu kota Jerman, pada 1 September 2023. (Xinhua/Ren Pengfei)


Seiring kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) meraih popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun ini, Samsung mendemonstrasikan bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam peralatan rumah tangga.   EcoFlow, produsen produk energi asal China, memperkenalkan deretan produk pembangkit listrik portabel dan fasilitas tenaga surya ke pasar Eropa. Perusahaan itu meraih popularitas di Eropa seiring para konsumen semakin peduli dengan keberlanjutan dan energi hijau.

Dengan mempelajari dan menganalisis pola pengguna, AI dapat menyesuaikan kinerja peralatan pada setiap penggunaan, memberikan layanan yang lebih spesifik sesuai dengan keunikan preferensi dan kebutuhan pengguna, dan di saat yang sama juga memangkas konsumsi energi, papar perusahaan tersebut.

"Keberlanjutan adalah hal global," ujar Laura Friedrich dari departemen komunikasi Miele kepada Xinhua. Menurut Friedrich, sebagian besar emisi karbon peralatan rumah tangga muncul selama tahap penggunaan dalam siklus hidupnya (lifecycle), alih-alih pada proses produksi. Itulah sebabnya perusahaan tersebut meningkatkan efisiensi energi dalam produk-produk mereka.

Miele juga memungkinkan para pengguna peralatan untuk memantau penggunaan air dan energi, yang membantu mereka memahami mengapa mereka harus menerapkan mode "eco", imbuhnya.
 
Orang-orang mengunjungi stan Grup Midea Tiongkok selama IFA 2023 di Berlin, ibu kota Jerman, pada 1 September 2023. (Xinhua/Ren Pengfei) 



EcoFlow, produsen produk energi asal China, memperkenalkan deretan produk pembangkit listrik portabel dan fasilitas tenaga surya ke pasar Eropa. Perusahaan itu meraih popularitas di Eropa seiring para konsumen semakin peduli dengan keberlanjutan dan energi hijau

Magda Teresa Partyka, manajer hubungan masyarakat (humas) dan komunikasi untuk EcoFlow di Eropa, menyampaikan bahwa para konsumen semakin memerhatikan bagaimana produk elektronik dapat berkelanjutan dan apa arti sesungguhnya dari hal itu.

Dia menambahkan bahwa keberlanjutan tidak lagi menjadi "sebuah kata yang banyak digunakan dalam (bidang) kehumasan." Sebaliknya, masyarakat kini memahami apa arti di balik hal itu dan bahwa "kita bertanggung jawab atas planet kita." 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023