Beijing (ANTARA) - China menargetkan untuk meningkatkan pasokan perangkat elektronik kelas atas (high-end) guna menggenjot konsumsi dan memperkuat perekonomian, menurut sebuah rencana yang diterbitkan bersama oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China dan Kementerian Keuangan China.

China akan berusaha maksimal untuk memastikan pengiriman ponsel 5G mencakup lebih dari 85 persen pasar ponsel domestik pada 2024.

Industri elektronik konsumen di China menyaksikan pertumbuhan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. Produsen komputer, komunikasi, dan perangkat elektronik besar membukukan keuntungan gabungan mencapai 276,32 miliar yuan (1 yuan = Rp2.090) atau sekitar 38,39 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.260) dalam tujuh bulan pertama tahun ini.

Selama periode yang sama, output ponsel mencapai 810 juta unit, termasuk 593 juta ponsel pintar (smartphone).

Perangkat elektronik konsumen merupakan salah satu produk ekspor utama China. Menstabilkan ekspor perangkat tersebut sangat penting untuk pengembangan seluruh industri.

China juga akan mendorong produsen perangkat elektronik konsumen untuk meluncurkan bisnis e-commerce lintas batas dan memanfaatkan potensi pasar global daring dan luring, demikian menurut rencana tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023