Pekanbaru (ANTARA News) - Sejumlah aparat kepolisian terlibat baku tembak dengan kawanan perampok yang telah merampas uang dari Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pantai Cermin, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat.

"Ada tiga (anggota) kawanan rampok yang diburu saat anggota meemrgoki ketiganya ketika hendak melarikan diri lewat jalur Kecamatan Tapung, Kampar," kata Kepala satuan Reserse Kriminal Polres Kampar Ajun Komisaris Polisi Eka saat dihubungi per telepon dari Pekanbaru.

Perwira itu mengatakan, perampokan di BRI Cabang Pantai Cermin terjadi pada Jumat pagi, dimana para pelaku juga sempat menyandera seorang kasir bank.

Para pelaku yang berjumlah tiga orang kemudian melarikan diri dengan menggunakan mobil Toyota Avanza bernomor polisi BM 38 T warna silver dengan melintasi jalur Kecamatan Tapung.

Tepat di Desa Sungai Tibam, kata Kasat, mobil pelaku terjebak kemacetan akibat kelangkaan solar di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Anggota yang berada di sekitar lokasi kemacetan, kata dia, kemudian melakukan pengejaran, namun pelaku melakukan perlawanan dan menembaki aparat secara membabi buta.

Kawanan penjahat kata AKP Eka, kemudian meninggalkan mobilmya dan kabur ke kawasan perkebunan dan masih terus terjadi baku tembak yang menyebabkan seorang pelaku terluka.

Seorang anggota polisi juga terluka dalam baku tembak itu.

"Kejadian baku tembak yang menyebabkan seorang polisi dan seorang perampok tertembak itu berlangsung sekitar pukul 11.30 WIB tadi," katanya.

Seorang pelaku yang tertembak kemudian berhasil diamankan dan dilarikan ke Rumah sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Riau di Pekanbaru.

Sementara seorang anggota polisi yang terluka, Aiptu Maryono, juga telah dilarikan ke rumah sakit Eka Hospital di Arengka, Pekanbaru.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013