Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mewakili Presiden Joko Widodo membuka ASEAN + Youth Summit 2023 yang digelar di Jakarta Concert Hall, I News Tower Jakarta, Kamis. 

Dilansir dari keterangan resmi, Kamis, pembukaan dilakukan dengan menyalakan obor secara virtual oleh Menpora Dito bersama Ketua Indonesia Youth Diplomacy (IYD) Michael Victor Sianipar, Co-Chair ASEAN Youth Agenda (AYA) 2023 Rorian Pratyaksa dan perwakilan AYA lainnya.

"Program peningkatan keterampilan, pelatihan ulang keterampilan, dan pelatihan keterampilan baru bagi kaum muda menjadi titik fokus, tidak hanya bagi kaum muda tetapi juga bagi pembangunan wilayah yang harus menjadi tindakan kolektif adalah komitmen kami," kata Menpora Dito dalam pidato sambutannya.

Menpora Dito optimistis negara-negara ASEAN mampu melampaui kesuksesan Amerika Serikat dan Tiongkok apabila merancang gagasan besar dan berjejaring antarnegara yang direalisasikan ke depannya. "Bagi saya, masa depan adalah sesuatu yang harus diciptakan, bukan untuk diprediksi. Namun, saya sangat optimistis bahwa dalam 5-10 tahun ke depan, 11 negara ASEAN akan mampu melampaui kesuksesan AS dan Tiongkok," kata Menpora Dito.

Menpora Dito berharap melalui forum ini para Pemuda Indonesia mampu menjalin jejaring yang nantinya sangat berguna di masa depan.

"Saya harap melalui forum ini para pemuda memiliki kesempatan untuk merekatkan hubungan silaturahmi dengan negara-negara ASEAN lainnya. Saya yakin yang hadir menjadi peserta adalah para pemimpin muda dari 11 negara ASEAN dan ini akan bisa menjadi investasi sosial untuk masa depan," katanya.

"Saya juga meminta melalui forum ini nanti ada formulasi dan kesepakatan bersama apa yang pemuda ASEAN ini kontribusikan untuk masa depan secara kolaboratif. Juga bagaimana kita memupuk hubungan bilateral dan multilateral ini dari anak-anak muda," pesan Menpora Dito.

Co-Chairs of the ASEAN Youth Agenda 2023 Rorian Pratyaksa mendorong partisipasi pemuda dan memajukan inisiatif-inisiatif dalam ASEAN Youth Agenda 2023.

Ia menyampaikan antusiasme dan ajakan kepada pemuda untuk mengambil peran aktif, mempromosikan, dan mengikuti rangkaian acara dalam ASEAN Youth Agenda 2023.

"Momentum ini merupakan wadah penting bagi pemuda Indonesia khususnya dan pemuda ASEAN untuk bersatu, berkolaborasi, dan berperan dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan bagi wilayah ASEAN. Saya mengajak semua pemuda untuk mengambil inisiatif dan berkontribusi dalam mengatasi tantangan global di berbagai bidang," kata Rorian Pratyaksa.

Baca juga: Kemenpora raker dengan Komisi X DPR RI bahas RKAK/L tahun 2024
Baca juga: Kemenpora umumkan hasil seleksi pemilihan pasangan muda inspiratif

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023