Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 merupakan momentum bagi provinsi tersebut untuk menjadikan provinsi itu sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia.

"Dengan hadirnya beberapa negara di WIES ini, kita akan saling berbagi pengalaman terutama dalam mengembangkan wisata halal di Sumbar," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumbar di sela-sela kegiatan WIES 2023. WIES merupakan sebuah forum atau wadah tempat berkumpulnya para pengusaha muslim baik skala nasional maupun internasional.

Melalui agenda WIES 2023, eks Wali Kota Padang tersebut berharap terjalinnya kerja sama antara Indonesia khususnya Provinsi Sumbar dengan belasan negara atau delegasi yang hadir, utamanya dalam hal pengembangan pariwisata maupun industri halal.

Baca juga: Sapta Nirwandar: RI punya potensi besar sebagai industri halal dunia 

Untuk mewujudkan Sumbar sebagai salah satu destinasi wisata maupun industri halal dunia, Mahyeldi menegaskan komitmen jangka panjang dari peserta WIES sangat dibutuhkan.

Menurut dia, terdapat banyak potensi yang bisa digarap atau dikelola untuk menjadikan Sumbar sebagai destinasi wisata halal dunia. Sebagai contoh, dari aspek pariwisata Ranah Minang bisa menjual atau mempromosikan ragam kebudayaan, bentangan alam, tradisi dan sebagainya.

Sejalan dengan itu, pengembangan sektor pariwisata akan bersinggungan langsung dengan kuliner, ekonomi kreatif hingga aneka usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik yang dikelola pemerintah maupun masyarakat secara pribadi.

Baca juga: Bank Indonesia prediksi WIES pacu pertumbuhan ekonomi Sumbar

Bahkan, beberapa produk asli UMKM dan ekonomi kreatif asal Provinsi Sumbar telah diekspor ke sejumlah negara misalnya Jerman, Norwegia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan lainnya. Beberapa waktu lalu, pemerintah setempat PHRI juga menjalin kerja sama untuk memasarkan beberapa produk ke Arab Saudi.

Lebih jauh, Gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi Sumbar juga tengah berupaya meningkatkan jumlah legalitas produk-produk yang belum mengantongi label halal. Hal tersebut dinilai penting sebagai modal mewujudkan Ranah Minang sebagai destinasi wisata halal dunia.

"Salah satu upaya itu di antaranya dengan melatih juru sembelih halal dan ditargetkan lebih banyak lagi," ujarnya.

Tambahan informasi, total 17 negara ikut berpartisipasi pada WIES 2023 di antaranya Malaysia, Filipina, Thailand, Kuwait, Spanyol, Uzbekistan, Turki dan beberapa negara lainnya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023