Kuala Lumpur (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang mempromosikan  World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) dalam Pameran dan Konferensi Halal Internasional Penang (PIHEC) ke-12 di Penang.

WIES yang akan digelar di Padang, Sumatera Barat, pada 6-8 September 2023 di antaranya akan mempromosikan musik tradisional Talempong dan berbagai hidangan serta  benda-benda budaya khas Minang, kata Konsul Jenderal Republik Indonesia Penang Bambang Suharto di Penang, Selasa.

Kemenparekraf menayangkan cuplikan video sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara pembukaan pameran di Penang itu dengan menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan PIHEC dan mempromosikan WIES di Padang.

Untuk memperkuat branding Sumatera Barat, stan Badan Pengembangan Pariwisata Daerah Sumatera Barat  menyajikan berbagai informasi pariwisata di provinsi itu.

PIHEC adalah pameran tahunan yang secara rutin dilaksanakan di Penang, Malaysia, untuk mempromosikan produk-produk halal berbagai negara.

Baca juga: KJRI Penang ikuti Ekspo dan Konferensi Halal Internasional Penang

23 negara mengikuti pameran itu, termasuk China, Chile, Spanyol, Indonesia, Kamboja dan Vietnam.

Panitia PIHEC menekankan bahwa konsep halal  identik pada Islam, namun sebenarnya  berlaku universal.  

Mereka berharap Penang menjadi hub industri halal bagi negara-negara sahabat.

KJRI Penang juga turut mempromosikan berbagai produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan destinasi wisata Indonesia.

Salah satu hasil partisipasi Indonesia adalah tawaran kerja sama dengan fashion show yang menampilkan kain tenun sarung buatan perusahaan asal Aceh, Ija Kroeng.

Ija Kroeng bersama Kripik Balado Christine Hakim dari Sumatera Barat juga mendapatkan tawaran kerja sama dengan salah satu Mall besar di Penang yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Ija Kroeng telah tampil dalam fashion show skala nasional dan internasional, salah satunya La Mode La Sure Seine di Paris.

Baca juga: KJRI promosikan produk UMKM dan wisata Indonesia di Penang
 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023