Kapuas Hulu (ANTARA) - Kepolisian Resor Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat sedang mempersiapkan keamanan untuk pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. "Kami telah mengumpulkan beberapa data terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024 sebagai dasar dan pedoman bagi kami untuk menyusun rencana pengamanan pada tahapan Pemilu 2024," kata Kepala Polres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Hendrawan, dia juga telah melaksanakan persiapan lainnya dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak salah satunya dengan KPUD Kapuas Hulu.

Baca juga: Kemarin, KPK tunda periksa Muhaimin hingga pengamanan siber pemilu

Selain itu, berbagai upaya sosialisasi dan juga edukasi ke masyarakat terus dilakukan hingga ke tingkat jajaran bawah melalui bhabinkamtibmas di kabupaten paling ujung timur Kalimantan Barat ini dengan tujuan agar selalu tercipta situasi yang kondusif di tahun politik.

Menurut dia, keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab bersama semua pihak bahkan sampai lapisan masyarakat dan polisi berkomitmen untuk menjaga keamanan dan situasi kondusif pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. "Kami siap membantu KPU untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang aman, lancar dan damai," katanya.

Baca juga: BSSN anggarkan Rp110 miliar untuk pengamanan Pemilu 2024

Ia juga berharap agar KPU Kapuas Hulu dan polisi selalu sinergis dalam hal informasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu langkah persiapan pengamanan Pemilu 2024, dia beserta jajaran melaksanakan koordinasi dengan KPUD Kapuas Hulu, Rabu (6/9).

Sementara itu, Ketua KPUD Kapuas Hulu, M Yusuf, mengharapkan hubungan koordinasi dan komunikasi dapat terus terjalin dengan baik dengan semua pihak terutama dengan aparat keamanan.

Baca juga: Kemarin, batasan usia personel pengamanan pemilu hingga fee bisnis AP

"Kami harapkan Polres Kapuas Hulu senantiasa membantu menjaga keamanan agar kegiatan Pemilu serentak 2024 dapat berjalan aman dan lancar tanpa adanya gangguan apapun," kata Yusuf.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023