Jakarta (ANTARA) - Pemain-pemain PSM Makassar mendapatkan libur selama satu pekan untuk menyambut jadwal padat pada September, yaitu menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1 dan Piala AFC. 

Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Kamis, Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim menjelaskan skuad Pasukan Ramang telah menjalani libur sejak Senin (4/9).
 
Sulaiman menjelaskan libur cukup panjang perlu diberikan kepada Wiljan Pluim serta kolega untuk menjaga kebugaran mereka.
 
"Setelah pertandingan lawan PSS Sleman, pelatih berpesan ke pemain, di waktu libur tujuh hari ini pemain diberikan kesempatan untuk pulang bertemu keluarga atau kerabat. Libur sampai 10 September dan pada 11 September sudah latihan lagi," jelas Sulaiman.
 
Ia menambahkan Pelatih Kepala PSM Makassar Bernardo Tavares telah mengingatkan para pemain untuk tetap menjaga kebugaran fisik dengan latihan dan menjaga pola makan.
 
Kondisi fisik perlu dijaga dengan baik karena karena ketika tim berkumpul, mereka akan langsung menjalani persiapan laga berikutnya yang padat.
 
Baca juga: Bali United matangkan latihan fisik dan taktik hadapi Rans

Pada September, PSM Makassar masih menyisakan empat pertandingan, yaitu laga pekan ke-12 melawan PS Barito Putera (15/9), lalu mereka akan menjalani laga perdana Grup H Piala AFC 2023/2024 melawan Hai Phong (21/9), dilanjutkan menjamu Borneo FC Samarinda pekan ke-13 (24/9) dan terakhir melawan tuan rumah PSIS (29/9).
 
"Masing-masing pemain harus bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Wajib jaga kondisi tubuh," ungkap Sulaiman.
 
Diketahui seluruh anggota tim kini kembali menikmati waktu berkumpul dengan keluarga, termasuk pelatih Bernardo Tavares dan empat pemain asing lainnya memilih untuk kembali ke negaranya. Hanya Everton Nascimento dan Adilson yang memilih tinggal dan berlibur ke Bali.
 
Hingga saat ini PSM belum menunjukkan permainan yang konsisten di Liga 1 2023/2024 dan pada pekan ke-11 tim Juku Eja berada di papan tengah, tepatnya posisi ke-10 klasemen sementara dengan perolehan 15 poin dari empat kemenangan, empat kekalahan, dan tiga kali imbang.

Baca juga: Arema FC susun program latihan selama jeda kompetisi Liga 1
Baca juga: Pemain PSS Sleman mendapat libur empat hari ketika jeda kompetisi

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023