Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur (Gulkarmat) pada Kamis melakukan penyemprotan jalan untuk mengurangi polusi udara di tiga lokasi yakni Hutan Kota JIEP, Pulogadung dan Cipayung.

Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman menjelaskan pihaknya mulai melakukan penyemprotan di Hutan Kota Kawasan Jakarta Industrial Estate (JIEP) pada pukul 07.30 WIB.

"Penyemprotan air pada sisi kanan dan kiri sebagai upaya menekan polusi udara di Jakarta," kata Gatot Sulaeman di Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis.

Setelah tuntas di lokasi pertama, Gatot mengatakan bahwa petugas Gulkarmat melanjutkan penyemprotan ke Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB.

"Penyemprotan ini menggunakan satu unit armada berjenis high pressure T 02.07," kata Gatot.

Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di parkiran Monumen Lubang Buaya dan Jalan Pondok gede hingga pintu 2 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur.

Penyemprotan itu dilakukan dengan mengerahkan tiga personil dan menggunakan satu unit medium pressure plus portable 5.20.8. Penyemprotan dilakukan pada pukul 10.00 hingga 11.00 WIB.

Sebelumnya, Gulkarmat Jakarta Timur juga telah melakukan penyemprotan pada Minggu (3/9) guna mengatasi polusi di ibu kota. Gulkarmat Jaktim memakai satu unit mobil damkar berkapasitas 10 ribu liter air untuk melakukan penyemprotan di Jalan H Ten, Rawamangun hingga Pulomas Raya, Pulogadung.

“Kegiatan ini merupakan instruksi dari kepala Dinas Gulkarmat DKI agar melakukan penyiraman jalan protokol," kata Gatot.

Pelaksanaan penyiraman jalan dengan menggunakan air itu sesuai area dengan indikator oranye dan merah (kualitas udara tidak sehat) yang terlihat dalam aplikasi IQAir.

Hari ini, menurut data dari IQAir, pukul 13.00 WIB tingkat polusi udara di Jakarta masih berstatus tidak sehat dengan indeks kualitas udara sebesar 158 AQI US.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim kembali semprot jalan atasi polusi udara

Baca juga: Penyemprotan jalan secara rutin mampu kurangi polusi udara Jakarta

Baca juga: Tekan polusi udara, Gulkarmat Jaktim lakukan penyemprotan jalan

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023