Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama akan mencoret penyedia layanan katering jamaah haji yang tidak ingin menggunakan produk Indonesia, karena tak sesuai dengan prinsip kerja sama yang setara dan saling menguntungkan.  

"Dapur penyedia katering kita dorong untuk menggunakan sebanyak mungkin produk Indonesia. Coret dapur yang tidak mau menggunakan produk Indonesia," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief dalam keterangan di Jakarta, Kamis.  

Hilman mengatakan biaya penyelenggaraan ibadah haji sangat besar, mencapai Rp19 triliun di setiap musim haji. Salah satu kebutuhan yang sangat besar adalah penyediaan katering jamaah haji yang mencapai sekitar Rp2 triliun.  

Mengingat besarnya anggaran untuk penyediaan katering, kata Hilman, perlu dilakukan kontrak kerja sama saling menguntungkan.

"Dapur yang sudah bagus, cek dan perpanjang. Dapur yang tidak kooperatif, tidak mau beli produk kita, coret saja," katanya.  

Hilman mengatakan pengoptimalan penggunaan produk Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji harus terus diperjuangkan. Secara bertahap, hal itu sudah mulai dilakukan dan harus terus ditingkatkan.

"Kita punya kepentingan memperjuangkan penggunaan produk Indonesia. Jadi kita harus berjuang. Toh, yang diuntungkan adalah masyarakat Indonesia," kata dia.

Pada penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mendistribusikan sekitar 5.480.625 boks katering kepada jamaah haji Indonesia.

Sementara di Mekkah, total ada 14.506.169 boks katering yang didistribusikan kepada jamaah haji Indonesia. Sebanyak 7.774.613 boks dibagikan sebelum puncak haji.

Adapun sebanyak 6.731.556 boks didistribusikan setelah puncak haji. Jumlah tersebut di luar layanan katering Arafah, Mudzalifah, dan Mina.

Baca juga: Kemenag libatkan ahli gizi untuk penyediaan makanan jamaah haji

Baca juga: Menteri Agama ingin masa tinggal jamaah haji di Arab Saudi diperpendek

Baca juga: Menag minta skema istithaah kesehatan jamaah haji dimatangkan



 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023