Hangzhou (ANTARA) - Estafet obor Asian Games Hangzhou akan dimulai pada 8 September di dekat Danau Barat (West Lake) yang ikonis, demikian disampaikan pihak penyelenggara dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (6/9) di Pusat Media Utama Asian Games (Asian Games Main Media Center).

Obor tersebut akan melintasi 11 kota di Provinsi Zhejiang, yaitu Huzhou, Jiaxing, Shaoxing, Ningbo, Zhoushan, Taizhou, Wenzhou, Lishui, Jinhua, dan Quzhou, sebelum kembali ke Hangzhou pada 20 September untuk menyelesaikan leg terakhirnya.

Sebanyak 2.022 pembawa obor akan berpartisipasi dalam estafet itu, dengan rentang usia 14 hingga 84 tahun.

Sejalan dengan etos pesta olahraga tersebut yang "hijau, cerdas, ekonomis, dan etis", perencanaan rute estafet obor Asian Games Hangzhou menekankan kesederhanaan dan skala yang sesuai. Desain rute estafet di setiap lokasi menonjolkan karakteristik unik, makna sejarah dan budaya, serta keindahan alam masing-masing kota, memastikan perjalanan yang beragam dan memukau secara visual.

Selain itu, estafet obor tersebut juga menggabungkan unsur daring (online) dan luring (offline). Menyusul Upacara Penyalaan Api Asian Games pada 15 Juni, kegiatan estafet daring "Pembawa Obor Digital" diluncurkan. Hingga saat ini, jumlah "Pembawa Obor Digital" telah melampaui 84 juta.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023