Kita sudah bertekad pada 2024 bisa menjadi produsen halal terbesar di dunia.
Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin menyatakan bahwa Indonesia bertekad untuk menjadi produsen halal terbesar di dunia pada 2024, sehingga tidak lagi hanya menjadi pemberi sertifikasi halal saja.

"Kita sudah bertekad pada 2024 bisa menjadi produsen halal terbesar di dunia," kata KH Ma'ruf Amin, di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Aceh, di Anjong Mon Mata Kompleks Meuligoe Gubernur Aceh, di Banda Aceh.

Wapres menyampaikan bahwa fokus dari ekonomi dan keuangan syariah pertama itu adalah industri halal. Tetapi, selama ini Indonesia hanya menjadi pemberi sertifikasi halal saja terhadap produk halal di berbagai dunia.

"Kita hanya pemberi sertifikasi halal saja, maka sekarang kita ingin menjadi produsen halal terbesar di dunia," ujarnya.

KH Ma'ruf menegaskan, kehadiran KDEKS yang sudah terbentuk di 22 provinsi di Indonesia ini harus mampu mengembangkan perekonomian syariah, dan tidak terbatas pada sektor keuangan saja, melainkan di industri halalnya.

Ia berharap, KDEKS di Aceh juga tidak hanya membatasi diri pada keuangan syariah, tetapi fokus mengembangkan industri produk halal, dana sosial syariah, bisnis, kewirausahaan hingga peningkatan edukasi literasi, sekaligus inklusi ekonomi syariah.

Karena itu, dalam waktu dekat dirinya mengaku segera melaksanakan rapat koordinasi antar-KDEKS guna menyamankan persepsi. Sehingga kehadiran KDEKS bisa membangkitkan perekonomian syariah, demikian Ma'ruf Amin.
Baca juga: Wapres dorong partisipasi Ajinomoto wujudkan visi produsen halal dunia
Baca juga: Wapres minta KDEKS membantu penuhi 10 juta produk bersertifikasi halal

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023