Saya senang Indonesia dan Jepang telah sepakat untuk meningkatkan status kemitraan menjadi mitra strategis komprehensif
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengapresiasi dan menyatakan kegembiraannya atas kesepakatan peningkatan status kemitraan Indonesia dengan Jepang menjadi mitra strategis komprehensif.

Hal itu disampaikan Presiden saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Ruang Kakaktua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis petang, usai menutup rangkaian KTT Ke-43 ASEAN.

"Yang Mulia Perdana Menteri Kishida, senang bisa bertemu kembali. Saya senang Indonesia dan Jepang telah sepakat untuk meningkatkan status kemitraan menjadi mitra strategis komprehensif," ujar Joko Widodo dalam sambutan pembukanya.

Presiden Widodo menekankan telah menjadi tugas bagi Indonesia dan Jepang untuk memberikan arah prioritas kerja sama kedua negara sehingga mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan berkontribusi bagi stabilitas dan perdamaian.

Sementara itu PM Kishida dalam sambutan pembukanya menyampaikan merasa berbahagia dapat bertemu kembali dengan Presiden Joko Widodo, setelah sebelumnya bertemu di Hiroshima, Mei 2023 di sela penyelenggaraan KTT G7.

Baca juga: Jokowi ajak para pemimpin EAS jaga perdamaian dan stabilitas kawasan

Baca juga: Presiden harap Australia jadi jembatan perkuat kolaborasi ASEAN-PIF


PM Kishida juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Widodo atas sambutan hangat kepada Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako saat keduanya bertandang ke Istana Kepresidenan Bogor, Juni 2023.

"Saya ingin menyampaikan rasa hormat saya kepada Yang Mulia Bapak Presiden sudah berperan penting sebagai ketua ASEAN, dan saya juga berharap kita dapat berkoordinasi lebih lanjut untuk mempertahankan dan memperkuat ketertiban internasional, bebas dan terbuka yang berrdasarkan supremasi hukum," kata PM Kishida.

Baca juga: Jokowi pimpin empat KTT dan lakukan sejumlah pertemuan bilateral

Dalam konteks tersebut, kata PM Kishida, kemitraan strategis kedua negara harus didukung kembali.

"Saya merasa senang sekali kita dapat mengumumkan pernyataan bersama tentang kemitraan strategis komprehensif kedua negara," ujarnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023