Saya ingin memastikan agar anak-anak muda mengambil peran yang strategis dan sentral dalam penciptaan lapangan kerja dan terlibat dalam isu-isu keberlanjutan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan generasi muda di ASEAN harus mengambil peran yang strategis untuk memastikan ketersediaan lapangan kerja hingga terlibat aktif dalam aksi dan isu-isu keberlanjutan.

"Saya ingin memastikan agar anak-anak muda mengambil peran yang strategis dan sentral dalam penciptaan lapangan kerja dan terlibat dalam isu-isu keberlanjutan," kata Sandiaga dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menparekraf Sandiaga menilai ada semangat dari anak-anak muda dalam menciptakan ASEAN citizen show, di mana terdapat kultur dan rasa kepemilikan sebagai negara ASEAN.

Ia mengaku senang dapat bertemu dengan generasi muda ASEAN.

Oleh karena itu, ia pun menaruh harapan besar pada generasi muda ASEAN yang memiliki energi positif, ide kreatif, dan inovatif dalam pemberdayaan UMKM juga pemberdayaan perempuan.

Sandiaga menyampaikan, sebagian besar perekonomian ditopang oleh UMKM, dan 90 persen pekerjaan berasal dari UMKM.

Selain itu, hampir 60 persen dari UMKM bergerak di sektor ekonomi kreatif kuliner, fesyen, kerajinan tangan, ekonomi digital, musik, film, animasi, yang sebagian besar diberdayakan oleh perempuan.

"Jadi saya akan mengatakan entrepreneurship ini benar-benar harus menjadi kewarganegaraan ASEAN dan harus dipromosikan lebih sebagai budaya ASEAN,” katanya.

Lebih lanjut Menparekraf menyampaikan kisah sukses dan berbagi pengalaman yang telah dilakukan Indonesia melalui Kemenparekraf dalam upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi COVID-19.

Menurut dia, hal itu adalah momen penting karena harus merancang bagaimana pariwisata yang personalize, customize, localize, and smaller in size.

"Bagaimana kita menciptakan ecotourism, bagaimana desa wisata tiba-tiba menjadi sangat penting dalam platform pariwisata,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan berbagai event internasional seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Indonesia turut membantu pemulihan pariwisata.

Ia pun percaya generasi muda sudah turut serta mengambil peran dalam upaya pemulihan pariwisata Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengajak pemuda ASEAN untuk berwisata ke Indonesia.

“Dan kami percaya sekarang target kami sangat tinggi, 1,2 miliar hingga 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara yang ditargetkan pada tahun 2023, benar-benar akan didorong oleh generasi muda,” pungkasnya.

Baca juga: Jokowi: ASEAN kontributor stabilitas dan perdamaian global
Baca juga: Jokowi: Mari kita kukuhkan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023