Khartoum (ANTARA) - Pemimpin militer Sudan Abdel Fattah al-Burhan pada Kamis bertolak ke Qatar untuk kunjungan resmi membahas krisis yang terjadi di negaranya serta hubungan bilateral kedua negara.

Dalam sebuah pernyataan, Dewan Kedaulatan berkuasa di Sudan yang diketuai al-Burhan, mengatakan dia akan mengadakan pembicaraan dengan Emir Qatar Sheikkh Tamim bin Hamad Al-Thani untuk membahas "permasalahan yang menjadi kepentingan bersama dan situasi di Sudan."

Al-Burhan akan didampingi Menteri Luar Negeri Sudan Ali al-Sadiq dan kepala intelijen Ahmad Muffadal.

Namun, pernyataan tersebut, tidak menyebutkan durasi kunjungannya atau jika ada tujuan lain dalam jadwal al-Burhan.

Kunjungan ini menjadi kunjungan ke luar negeri ketiga oleh al-Burhan setelah Mesir dan Sudan Selatan sejak perang pecah di Sudan pada pertengahan April.

Sebelumnya pada Rabu malam, al-Burhan mengeluarkan keputusan pembubaran Pasukan Dukungan Cepat (RSF) kelompok paramiliter saingannya dan memerintahkan pihak berwenang terkait negaranya untuk melaksanakan keputusan konstitusional membubarkan RSF.

Sejak awal perang antara RSF dengan pasukan militer Sudan pada 15 April, ribuan orang tewas dan lebih dari tujuh juta orang mengungsi, terutama di wilayah Khartoum dan Darfur, menurut angka yang dikeluarkan PBB.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Pemimpin Mesir dan Sudan bahas hubungan bilateral dan krisis Sudan
Baca juga: Dewan Keamanan PBB bahas upaya akhiri konflik di Sudan

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023