Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak Ibu Negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee meninjau berbagai koleksi flora dan fauna di Istana Batu Tulis, Bogor, Kamis.

Setiba di Istana Batu Tulis, Puan langsung bergabung dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Kim yang saat itu sedang berbincang di ruang tengah pendopo. Mereka tampak cukup lama berbincang sembari menikmati teh.

Puan juga mengajak Kim ke teras belakang untuk memperlihatkan pemandangan Gunung Salak dan Sungai Cisadane. Setelah itu, mereka kembali ke pendopo.

“Lalu, Megawati mengajak Kim dan Puan ke taman depan Rumah Utama untuk berfoto bersama dengan latar foto bendera kedua negara,” demikian dikutip dari keterangan diterima di Jakarta, Kamis.

Kemudian, Megawati mempersilakan Puan untuk mengajak Ibu Negara Korsel mengelilingi Istana Batu Tulis. Puan mengajak Kim berjalan kaki sambil melihat aneka pohon dan mengunjungi kandang burung merak.

Didampingi penerjemah, Puan dan Kim tampak berbincang akrab. Sesekali, Puan menunjuk ke arah pohon yang mengelilingi Istana Batu Tulis tersebut.

Pertemuan ini bukan kali pertama bagi Puan dan Kim. Sebelumnya, Puan bertemu Kim bersama suaminya, Presiden Yoon Suk Yeol pada November 2022 di Seoul, Korsel.

Untuk diketahui, Yoon Suk Yeol beserta istrinya, Kim Keon Hee, tiba di Indonesia untuk mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa, pesawat yang membawa Presiden Republik Korsel beserta delegasi mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa (5/9), pukul 16.40 WIB.

Ketibaan Presiden Yoon Suk Yeol dengan sang istri disambut oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif dan Anggota Wantimpres Gandi Sulistiyanto.

Selanjutnya, Presiden Republik Korea beserta delegasi langsung meninggalkan bandara untuk melanjutkan kegiatan lainnya.
Baca juga: Megawati: Ibu Negara Korsel penuhi niat kunjungi Istana Batu Tulis
Baca juga: Megawati sambut kehadiran Ibu Negara Korsel di Istana Batu Tulis Bogor
Baca juga: Iriana Jokowi ajak Ibu Negara Korsel hadiri jamuan minum teh
Baca juga: Puan temui Jokowi bahas KTT ASEAN dan hal kebangsaan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023