Jakarta (ANTARA) - Pada Kamis (7/9), kebakaran lahan yang terjadi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dipicu oleh ulah sejumlah pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Ada pula warta tentang usulan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang ingin agar masa tinggal jamaah haji dipangkas dari 40 hari menjadi 35 hari. Berita lainnya dapat kembali disimak dalam rangkuman berikut.  

1. Kebakaran lahan di Bukit Teletubbies diduga dipicu ulah pengunjung

Kebakaran lahan yang terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Rabu (6/9) malam diduga dipicu oleh ulah sejumlah pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani menyampaikan bahwa kebakaran lahan di Bukit Teletubbies diduga terjadi karena ada sejumlah pengunjung yang menyalakan dan membuang suar di area tersebut.  

2. PMI Jambi siapkan rumah oksigen antisipasi bencana kabut asap

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi akan menyiapkan rumah oksigen sebagai antisipasi Jambi jika dilanda bencana kabut asap, hal ini dilakukan PMI demi kemanusiaan khususnya bagi warga Jambi yang jadi korban kabur asap.  

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menghantui Provinsi Jambi dan sejauh ini di beberapa wilayah sudah mulai diselimuti asap. Jika nanti dibutuhkan rumah oksigen maka PMI akan menyediakan rumah oksigen tersebut, kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Jambi Tedjo Sukmono, di Jambi Kamis.

3. Kemensos prioritaskan bangun lumbung sosial di wilayah 3T

Kementerian Sosial (Kemensos) memprioritaskan pembangunan lumbung sosial untuk menjangkau daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), guna menghadapi potensi bencana yang semakin kompleks di Indonesia.

"Kami prioritaskan wilayah-wilayah khususnya di daerah pulau-pulau terluar," kata Pelaksana tugas Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Direktorat Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Adrianus Alla di Jakarta, Kamis.

4. Fenomena El Nino bertahan sampai pertengahan tahun 2024

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eddy Hermawan menyampaikan fenomena El Nino diprediksi bertahan sampai pertengahan tahun depan.

"El Nino mencapai nilai di bawah 0,5 derajat Celsius sekitar Mei 2024," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

5. Menteri Agama ingin masa tinggal jamaah haji di Arab Saudi diperpendek

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginginkan masa tinggal jamaah haji Indonesia di Arab Saudi diperpendek agar biaya haji bisa ditekan dan jamaah tidak perlu menunggu lama untuk pulang setelah pelaksanaan ibadah haji selesai.

"Jika bisa diperpendek, jamaah akan merasa senang," katanya sebagaimana dikutip dalam keterangan pers kementerian di Jakarta, Kamis.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023