Beijing (ANTARA) - Tiga astronaut dari misi berawak Shenzhou-15 pada Kamis (7/9) menerima anugerah medali atas jasa dan pengabdian mereka di bidang antariksa China.

Fei Junlong menerima medali prestasi kedirgantaraan kelas dua, sementara Deng Qingming dan Zhang Lu menerima medali kelas tiga serta gelar kehormatan "Astronaut Heroik".

Penghargaan tersebut diberikan oleh Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), Dewan Negara China, dan Komisi Militer Sentral China.

Fei, komandan misi Shenzhou-15, juga berpartisipasi dalam misi penerbangan luar angkasa berawak Shenzhou-6 dan merupakan astronaut pertama yang melakukan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity/EVA) setelah stasiun luar angkasa China Tiangong rampung dibangun.

Deng, yang mendapat kesempatan terbang ke luar angkasa setelah persiapan selama 25 tahun, berhasil menjalankan serangkaian tugas eksperimental dengan sangat baik. Penerbangan itu juga merupakan misi luar angkasa pertama Zhang.

Diluncurkan pada 29 November 2022, wahana luar angkasa Shenzhou-15 mengirim ketiga astronaut tersebut ke modul inti stasiun luar angkasa China, Tianhe, tempat mereka tinggal dan bekerja selama enam bulan.

Selama berada di modul inti itu, mereka melakukan aktivitas di luar wahana antariksa sebanyak empat kali dan melakukan serangkaian eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi di luar angkasa.

Ketiga astronaut itu kembali ke Bumi dengan selamat pada 4 Juni 2023. Misi Shenzhou-15 menyelesaikan tahap terakhir dari pembangunan stasiun luar angkasa China dan memulai tahap pertama penerapan dan pengembangannya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023