Makassar (ANTARA) - Sebanyak enam unit rumah dan satu unit bangunan gudang ikan milik CV Tallasa Marine hangus terbakar di Jalan Barukang lorong 15, RT/RW 01/01, Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sudah berhasil dipadamkan. Bahan terbakar ini diperkirakan (rumah) semi permanen. Ada tiga atap, enam petak, satu gudang," sebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Muhammad Hasanuddin, di lokasi kejadian, Jumat.

Untuk proses pemadaman awal setelah menerima informasi langsung diluncurkan pertama empat unit pemadam kebakaran(Damkar)  di Pos Ujung Tanah, kemudian ditambah kekuatan penuh dari Mako Damkar. Karena melihat situasi dari pemukiman padat.

"Jadi kita luncurkan langsung dari Mako Damkar sekitar 14 unit. Dan sebanyak tujuh unit kita persiapkan untuk pendistribusian air bersih. Di lokasi alhamdulillah kita terbantu warga untuk proses pemadaman," paparnya.

Dari informasi kejadian kebakaran tersebut yang diterima posko Pemadam Kebakaran pada pukul 10.45 Wita. Api baru bisa dikuasai sekitar pukul 12.50 Wita. Sebanyak 75 orang personel dikerahkan guna memadamkan api.

"Di lokasi kita langsung blok dari arah Utara, Timur, Selatan, dan Barat. Untuk mengantisipasi penyebaran dari api ini," katanya.

Usai pemadaman api, tim kepolisian langsung memasang garis polisi untuk mencari tahu penyebab kejadian. Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu namun jumlah kerugian materiil ditaksir ratusan juta rupiah.

"Perkiraan, dugaan sementara dari penyebab kejadian itu kita masih menunggu hasil penyelidikan dari pihak Kepolisian. Kendala pemadaman lorong yang sempit dan jaraknya jauh dari water suplay di jalan raya. Kita masukkan satu armada yang bisa menyebar empat selang," tutur Hasanuddin.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian di masa kemarau ekstrem tahun ini, mengingat dalam sepekan terakhir sebanyak 20 kali kasus kebakaran terjadi di pemukiman warga.
Baca juga: Gudang plastik Toko Al Fathir di Maros kembali terbakar
Baca juga: Toko grosir dan 14 rumah di Maros-Sulsel terbakar
Baca juga: Kebakaran di Makassar menghanguskan 10 unit rumah
Baca juga: Belasan rumah hangus terbakar di Rappokaling Makassar
Baca juga: Tujuh rumah di permukiman Pandan Makassar ludes terbakar

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023