Kami mengajak seluruh pihak untuk memprioritaskan keselamatan saat berada di laut, misalnya dengan menggunakan jaket pelampung
Kuta, Bali (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan pelayaran membagikan jaket pelampung kepada penumpang dan awak kapal di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki Kantor Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia, sehingga harus siap dalam memberikan pelayanan dan bimbingan terkait kelaiklautan kepal," kata Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub Hartanto dalam keterangan yang diterima di Bali, Jumat.

Dalam acara kampanye keselamatan, dia mengatakan keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan semua pihak, mulai dari operator kapal, nelayan, pengguna jasa hingga wisatawan agar selalu memprioritaskan keselamatan saat berada di laut.

Hartanto juga menegaskan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perhubungan Laut agar melakukan pelayanan secara maksimal, berkomunikasi dengan pemerintah setempat dan seluruh stakeholder serta menjaga sinergisitas antarsesama pihak yang terlibat dalam pelayanan.

Hal tersebut juga menjadi salah wujud implementasi terhadap moto yang tengah digaungkan oleh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, yakni Promise, yang merupakan singkatan dari Profesional, Melayani, Inisiatif, dan Efisien.

"Promise bukan hanya sekedar moto, tapi menjadi suatu tekad kami dalam bekerja untuk selalu profesional dalam menjalankan setiap tugas, melayani sepenuh hati, selalu berinisiatif tanpa henti serta efisien," ungkap Hartanto.

Lebih lanjut, Hartanto mengatakan pembagian jaket pelampung oleh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan kepada penumpang dan awak kapal menjadi agenda utama yang dilakukan dalam rangkaian kampanye tersebut.

Kepada seluruh pemilik atau operator kapal penumpang termasuk kapal penumpang tradisional, Hartanto mengingatkan agar memastikan kapalnya selalu memenuhi aspek kelaiklautan kapal, tetap memperhatikan protokol kesehatan dan memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para penumpang agar masyarakat yang menggunakan moda kapal penumpang tetap dapat terlayani dengan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

"Saya juga meminta kepada pemilik atau operator kapal lainnya untuk turut mendukung dengan memastikan kapal yang dioperasikan juga selalu memenuhi aspek kelaiklautan kapal agar distribusi logistik selama natal dan tahun baru berjalan lancar," jelas Hartanto.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Muara Angke, Agus Harjanto mengajak seluruh pihak yang ada untuk mengutamakan keselamatan, hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jaket pelampung dan hal yang lain.

"Kami mengajak seluruh pihak untuk memprioritaskan keselamatan saat berada di laut, misalnya dengan menggunakan jaket pelampung dan tindakan pencegahan lainnya untuk melindungi diri kita sendiri maupun orang lain," kata Agus.

Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan masyarakat, Kantor Kesyahabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke telah menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang bekerjasama dengan Poltekpel Banten dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 430 orang yang telah tersertifikasi BST (Basic Safety Training).

Baca juga: Kemenhub terbitkan aturan pengawasan kelaiklautan kapal Indonesia
Baca juga: KPLP Kemenhub evakuasi kapal alami musibah
Baca juga: Kemenhub catat realisasi muatan kapal tol laut terus meningkat

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023