Surabaya (ANTARA) - Ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyemangati para pemain tim nasional Indonesia senior jelang laga FIFA Matchday melawan Turkmenistan yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

"Semua sehat kan, selamat bertanding ya, kalian pasti akan memberikan yang terbaik", kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dalam keterangannya di Surabaya, Jumat petang.

Setelah itu, Erick bersama jajaran tim pelatih mempersilahkan Shin Tae-yong memberikan arahan kepada seluruh pemain.

Berdasarkan peringkat FIFA, Turkmenistan memang berada di atas Indonesia, namun dari statistik pertemuan tim Merah Putih membukukan hasil lebih baik dan sedikit lebih unggul ketimbang The Karakum Warriors, julukan tim dari negara yang berada di kawasan Asia Tengah tersebut.

Berdasarkan catatan pertandingan, pertemuan pertama Indonesia dengan Turkmenistan terjadi pada 31 Maret 2004 di Stadion Olimpiade Ashgabat dalam kualifikasi Piala Dunia 2006.

Di laga perdana itu, Indonesia kalah 1-3 dan satu-satunya gol Indonesia dicetak Budi Sudarsono, sementara tiga gol Turkmenistan dilesakkan Vladimir Bayramov dua gol dan Begencmuhamed Kuliyew.

Kemudian, pada 17 November 2004 giliran Indonesia menjamu Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno berhasil menang 3-1 berkat tri gol Ilham Jaya Kesuma.

Baca juga: Polisi periksa barang bawaan penonton FIFA Matchday

Selanjutnya, timnas Indonesia kembali bentrok dengan Turkmenistan dalam kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada pertemuan pertama Indonesia bertandang ke Ashgabat pada 23 Juli 2011, hasilnya imbang 1-1, Ilham Jaya Kesuma yang menjadi aktor penyeimbang dalam pertandingan itu.

Pertemuan kedua berlangsung di Jakarta pada 28 Juli 2011, hasilnya Turkmenistan dihajar oleh tim Garuda dengan skor 4-3.

Empat gol Indonesia didapat dari Cristian Gonzales dua gol, Ahmad Nasuha, dan Muhammad Ridwan.

Saat ini, Indonesia berada di peringkat 150 dalam rangking FIFA sementara lawannya berada di urutan 138, terpaut 12 peringkat.

Jadwal siaran langsung timnas Indonesia melawan Turkmenistan di FIFA Matchday dapat disimak pada pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Timnas Turkmenistan siap belajar dari Indonesia saat FIFA Matchday
Baca juga: Shin Tae-yong ubah formasi Timnas Indonesia saat hadapi Turkmenistan

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023