Memang sejumlah nelayan berupaya membantu untuk mengevakuasi agar hiu tersebut bisa kembali ke laut
Purworejo (ANTARA) - Seekor ikan hiu tutul yang terdampar di pantai Selatan Purworejo yaitu di Desa Pagak Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, akhirnya dikubur di sekitar ikan tersebut ditemukan.

Camat Ngombol Bangun Erlangga di Purworejo, Jumat, menyampaikan pada Kamis (7/9) malam sekitar pukul 24.00 WIB mendapat laporan dari pemerintah desa bahwa ada seekor hiu tutul terdampar di pantai dalam kondisi sekarat.

Panjang hiu tutul sekitar tujuh meter dengan bobot diperkirakan 1,5 ton tersebut, sempat menjadi tontonan warga.

"Memang sejumlah nelayan berupaya membantu untuk mengevakuasi agar hiu tersebut bisa kembali ke laut, namun kondisi peralatan dan kondisi di lapangan tidak memungkinkan," katanya.

Kemudian pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait yang menangani, antara lain Dinas Lingkungan Hidup yang membidangi kelautan dan perikanan dan BPBD.

Baca juga: Warga pesisir selatan Cianjur temukan hiu paus tutul terdampar

Baca juga: Hiu tutul raksasa terperangkap di jala nelayan Lamreh Aceh Besar


"Kondisi hiu yang kemudian mati tersebut diputuskan dilakukan proses evakuasi untuk penguburan di lokasi yang memungkinkan," katanya.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo Suyut menyampaikan pada Jumat siang bangkai ikan hiu yang terdampar tersebut telah dikubur.

"Kesepakatan kami setelah berunding dengan Dinas Perikanan harus dikubur, karena kalau tidak di kubur kami khawatirkan akan menimbulkan bau tidak sedap," katanya.

Ia menyampaikan bangkai ikan tersebut harus dikubur agar baunya tidak menyebar dan membahayakan warga.

Bangkai hiu itu dikubur di sekitar lokasi penemuan dengan menggunakan alat berat. 

Baca juga: Petugas gunakan alat berat kubur bangkai hiu paus di Lumajang

Baca juga: Hiu paus tutul ditemukan terdampar di pantai selatan Lumajang

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023