Jakarta (ANTARA) - Direktur Musik, Film, dan Animasi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Mohammad Amin mengatakan pentingnya peran pentahelix dalam mendukung pembentukan ekosistem dalam industri kreatif.

Pentahelix yang dimaksud adalah unsur pemerintah, komunitas atau asosiasi, media, pebisnis, dan akademisi.

“Unsur akademisi sering kali luput, padahal teman-teman akademisi sangat peduli dengan dampak ekonomi dari industri kreatif,” kata Amin saat berbicara di Jakarta International Photo Festival (JIPFest) di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pentingnya membangun ekosistem industri kreatif untuk mendongkrak kontribusi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jadi yang kita harus bangun itu ekosistem. Mulai dari tahap kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, dan konservasi,” kata Amin.

Amin mengatakan bahwa kegiatan pameran kesenian seperti ajang Jakarta International Photo Festival (JIPFest) merupakan salah satu upaya dalam membentuk ekosistem tersebut.

“Kegiatan seperti ini menjadi salah satu titik bertemunya produksi dan distribusi, jadi arena transaksional. Itu yang harus kita bangun,” kata Amin.

Amin menunjukkan data kontribusi industri fotografi dalam PDB ekonomi kreatif yakni 0,45 persen.

Amin menambahkan, dampak ekonomi produk industri kreatif tidak bisa dilihat hanya dari dampak langsung seperti jumlah pengunjung dan jumlah karya yang terjual. Tapi bisa melihat dampak stimulan dan dampak sekitarnya.

“Jadi kita juga harus lihat jumlah tenaga kerja yang terlibat dan jumlah UMKM yg terlibat,” kata Amin.

Pewarta: Fauzan
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023