Ini bisa jadi modal luar biasa kita mengoptimalkan bonus demografi dengan pemuda unggul menyongsong Indonesia Emas 2045. Kita songsong dengan penuh optimisme
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melaporkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) 2022 menunjukkan angka kenaikan dari 53,33 poin pada 2021 ke 55,33 poin dan menjadi modal menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Ini bisa jadi modal luar biasa kita mengoptimalkan bonus demografi dengan pemuda unggul menyongsong Indonesia Emas 2045. Kita songsong dengan penuh optimisme," kata Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Asrorun mengatakan Indeks Pembangunan Pemuda merupakan indeks komposit yang memberikan gambaran terhadap tiga lapisan domain pembangunan pemuda.

Dalam dokumen IPP tersebut, kata Niam, domain pendidikan menyumbang angka tertinggi yaitu 70, akan tetapi stagnan dalam tiga tahun terakhir.

Sementara domain kesehatan dan kesejahteraan terus mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir, tahun 2020 angkanya 55, 2021 sebesar 60, dan tahun 2022 sebesar 65.

Baca juga: Wapres instruksikan kementerian/lembaga kejar target IPP 2024

Menurutnya, kenaikan ini atas hasil intervensi kebijakan Kemenpora dalam berbagai program kepemudaan.

Program-program tersebut yakni pendidikan kepemimpinan pemuda dalam rumah tangga, program yang difokuskan pada penguatan kesehatan reproduksi pemuda, isu pengasuhan dan perlindungan anak, pencegahan stunting, hukum perkawinan, dan financial planning.

"Alhamdulillah, angkanya bisa naik secara signifikan. Harapan saya, Bappenas dan Kemenkeu (Kementerian Keuangan) bisa terus bersinergi untuk program ini," katanya.

Di samping itu angka IPP pada domain lapangan dan kesempatan kerja juga naik, sebelumnya di angka 40 menjadi 45 di tahun ini.

Pelaporan IPP ini dilaksanakan bersamaan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Pemuda dan Olahraga 2023. Dalam kesempatan tersebut, Kemenpora memberikan penghargaan kepada Provinsi DIY yang memperoleh IPP tertinggi.

Di samping itu, penghargaan juga diberikan kepada provinsi yang memiliki kenaikan IPP tertinggi dibanding tahun lalu yaitu Provinsi Papua, Lampung, Bangka Belitung, dan Banten.

Baca juga: Menko PMK soroti sinergi demi majukan kepemudaan dan olahraga
Baca juga: Menpora berkomitmen majukan pemuda Indonesia timur


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023