Denpasar (ANTARA) - Kepala Badan Narkotika Nasional(BNN) Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose menjadikan lebih dari 500 pengemudi motor gede yang hadir dalam Bali Bike Festival ke-5 menjadi duta antinarkotika guna menekan angka penggunaan narkotika.

Di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali, Jumat malam Golose menyatakan para bikers serta masyarakat umum yang hadir dalam festival motor gede tahun 2023 diharapkan dapat menyebarkan pesan-pesan antinarkotika dengan menyalurkan hobi melalui hal-hal positif yang bisa membangun Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

"Saya memiliki keyakinan 500-an bikers dan ribuan orang yang malam ini hadir di lapangan ini, saya anggap akan menjadi duta masyarakat untuk antinarkotika agar bisa menekan angka penggunaan narkotika," kata Golose.

Usaha menyebarkan pesan-pesan antinarkotika, menurut Golose sangat penting mengingat berdasarkan data BNN RI jumlah pengguna narkotika di Indonesia mencapai 3,6 juta orang dan meningkat usai COVID-19. Karena itu, untuk menekan angka pengguna narkotika tersebut, BNN menggencarkan upaya-upaya pencegahan melalui pendekatan soft power approach dan juga memiskinkan para bandar yang tertangkap narkotika terutama di Bali.

"Bali bukan saja the Island of bikers, ke depan kita mewujudkan Bali tanpa narkoba. Saya yakin ini, dan mudah-mudahan ke depan bersama-sama fight drugs dealer, perang lawan bandar narkoba dan menang. Kita tidak boleh kalah terutama generasi muda," kata dia didampingi oleh mantan Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Harapan yang sama Golose sampaikan kepada para pengemudi motor gede agar tidak menggunakan narkotika dalam menyalurkan hobinya naik motor.

"Bikers ini, di samping mereka melaksanakan hobinya jangan lupa untuk tidak menggunakan narkotika. Saya rasa dengan kehadiran dari seluruh Indonesia bisa membawa pesan kepada bangsa Indonesia khususnya untuk wilayah Bali ini minimal pesannya juga sama kepada orang-orang asing yang berada di Bali," katanya.

Mantan Kapolda Bali itu juga berpesan agar para pengemudi motor gede tidak menunjukkan sikap arogan di jalan raya dan menaati aturan lalu lintas.

Bali Bike Festival ke-5 merupakan salah satu ajang festival motor gede untuk memperingati hari ulang tahun dari Forever Night Angels yang berdiri pada tahun 2009.

Pada tahun ini, Bali Bike Festival diselenggarakan lebih bervariasi merangkul generasi muda dengan berbagai macam kegiatan seperti misalnya F&B stalls, food truck, bike show, local brand store, rolling thunder, band performance, community activities, talkshow dan lainnya sambil tetap mempertahankan konsep otomotif.

Festival otomotif tersebut berlangsung selama dua hari dari 8 September sampai 9 September 2023. Acara tersebut dimeriahkan oleh sejumlah musisi dan grup band seperti The Changcuters, Saint Loco, Pee Wee Gaskins, Ghea Indrawari, Lomba Sihir, Superman Is Dead, Crazy Horse, Bagus Wirata, Joni Agung and Double T, Radio Koplo, The Hydrant, White Swan, Dejavu dan Unbroken.
Baca juga: BNN RI: 4.000 peserta paduan suara gaungkan perang lawan narkoba
Baca juga: Kepala BNN RI sebut HANI 2023 perkuat aksi dunia bebas narkotika
Baca juga: Kepala BNN sebut penggunaan narkotika di kalangan mahasiswa meningkat

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023