Kerangka cerita harus dibuat matang, kalau nggak kamu nggak tahu cerita mau dibawa kemana
Jakarta (ANTARA News) - Menurut pengarang Clara Ng, kunci sukses utama dalam menulis novel adalah membuat plot yang matang.

Selama menjadi tutor menulis, penulis trilogi "Indiana Chronicle" itu melihat pembuatan plot sebagai hambatan yang kerap ditemui para penulis pemula.

"Pelajari plot, plot harus dibuat matang. Kerangka cerita harus dibuat matang, kalau nggak kamu nggak tahu cerita mau dibawa kemana," tutur penulis novel "Pintu Harmonika" itu Minggu (28/4) malam.

Plot yang belum sempurna, lanjut dia, dapat bisa membuat penulis kesulitan mengembangkan cerita, atau ceritanya justru melebar tidak karuan.

"Kadang juga konfliknya 'miskin'. Konflik nggak bisa berkembang dengan matang," lanjut penulis novel fiksi dan cerita anak-anak itu.

Clara menyarankan para penulis pemula menyiapkan akhir cerita saat mulai menulis agar "perjalanan" merangkai kata berjalan lancar.

"Menulis itu perjalanan dari titik A ke titik B, pembaca yang membaca buku bagus dibawa ke perjalanan dari awal sampai akhir. Gimana kamu mau nulis sesuatu yang kamu nggak tahu ending-nya?" demikian Clara Ng.


Oleh Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013