Jakarta (ANTARA) - Timnas Portugal semakin kokoh di puncak klasemen Grup J kualifikasi Euro 2024 seusai mengalahkan Timnas Slovakia dengan skor 1-0 di Stadion Nasional, Bratislava, Sabtu dini hari WIB.
 
Kemenangan Portugal pada laga ini hadir berkat gol tunggal yang dicetak oleh gelandang Bruno Fernandes, demikian catatan UEFA.

Kini Portugal berada di puncak klasemen sementara Grup J kualifikasi Euro 2024 dengan torehan 15 poin dari lima laga, sedangkan Slovakia menempati posisi kedua dengan torehan 10 poin.

Secara statistik Portugal sedikit lebih unggul dibanding Slovakia dengan mencatatkan 56 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Pada pertandingan itu, Portugal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan jarah jauh Vitinha, namun bola masih menyamping dari gawang Slovakia.

Baca juga: Trigol Alvaro Morata warnai kemenangan telak Spanyol atas Georgia

Selanjutnya giliran Slovakia yang memberikan ancaman melalui tendangan Robert Polievka, akan tetapi peluang tersebut dapat diamankan kiper Portugal Diogo Costa.

Slovakia dan Portugal terus saling melancarkan serangan, namun hingga menit ke-40 babak pertama, belum ada gol yang tercipta.

Dua menit sebelum waktu normal babak pertama usai, Portugal berhasil memecah kebuntuan melalui gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.
 
Memasuki babak kedua, Slovakia berusaha mencari gol penyeimbang salah satunya melalui tendangan Ondrej Duda yang masih melambung di atas mistar gawang Portugal.

Selanjutnya giliran bek sayap Slovakia Peter Pekarik yang memberikan ancaman, akan tetapi tendangannya dapat diamankan kiper Diogo Costa.

Baca juga: Denmark dan Hungaria raih kemenangan pada lanjutan kualifikasi Euro
 
Tim tuan rumah terus berupaya menyamakan kedudukan melalui tendangan yang dilepaskan oleh Ivan Schranz, namun bola masih menyamping dari gawang Portugal.

Portugal berusaha keluar dari tekanan Slovakia dan sempat berbalik memberikan ancaman melalui upaya Cristiano Ronaldo, namun belum membuahkan hasil.

Pada sisa waktu babak kedua, kedua tim tetap bermain terbuka, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk kemenangan Portugal tetap bertahan.

Selanjutnya Portugal akan menjamu Luxemburg pada pertandingan ke-6 Grup J Kualifikasi Euro 2024, Senin (11/9) waktu setempat. Sedangkan Slovakia akan menghadapi Lichtenstein di hari yang sama.

Baca juga: Prancis semakin kokoh di puncak klasemen seusai hajar Irlandia 2-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023