Jet lag merupakan suatu kondisi fisiologis yang ditandai dengan rasa lelah dan kebingungan
Jakarta (ANTARA) -
Bagi sebagian orang melakukan penerbangan jarak jauh menimbulkan ketakutan luar biasa terutama karena risiko mengalami jet lag, kondisi yang membuat seseorang merasa kelelahan, mengantuk pada siang hari namun sulit tidur di malam hari.
 
Menurut laporan Hindustan Times, Jumat (8/8), meskipun tidak ada obat yang bisa menyembuhkan jet lag, Charles Perkins Centre dari Universitas Sydney dan maskapai penerbangan Australia Qantas telah meneliti faktor-faktor seperti menu dalam penerbangan, paparan cahaya, dan olahraga untuk mempelajari bagaimana penumpang merespons perubahan yang terjadi selama jet lag.
 
Salah satu kesimpulan menarik yang mereka temukan adalah bahwa makanan yang mengandung bahan-bahan tertentu, seperti cabai dan coklat, dapat mengurangi jet lag dan meningkatkan kualitas tidur pada penumpang jarak jauh.

Baca juga: Penyebab selalu merasa lelah dan solusinya
 
"Makanan berprotein tinggi merangsang jalur 'katekolamin' Anda yang biasanya diaktifkan di pagi hari; itulah yang membangunkan Anda sebelum jam alarm berbunyi dan berfungsi untuk merangsang fase aktif tubuh. Makanan tinggi karbohidrat menstimulasi jalur 'indoleamine' Anda, yang biasanya terjadi pada malam hari siklus sirkadian saat Anda hendak tidur malam,” kata ahli gizi dan ahli diet Garima Goyal.
 
Jet lag merupakan suatu kondisi fisiologis yang ditandai dengan rasa lelah dan kebingungan setelah melakukan perjalanan jauh melintasi beberapa zona waktu.
 
Selain itu, beberapa makanan lain yang dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak di perjalanan jauh menggunakan pesawat untuk menghindari jet lag adalah:
 
1. Pisang, karena asam amino esensial triptofan yang mengurangi waktu yang Anda butuhkan untuk tidur. Selain itu, magnesium dalam pisang membantu mengendurkan otot dan membantu mendapatkan tidur yang nyenyak.
 
2. Jahe: Bumbu ini sangat ampuh untuk melawan rasa mual saat jet lag dan Anda bisa mendapatkannya dengan membuat teh jahe.
 
3. Kiwi: Mengonsumsi buah ini mentah atau dalam bentuk jus adalah pilihan terbaik untuk mengatasi jet lag karena mengandung serotonin yang diubah menjadi melatonin, hormon yang membantu mendorong tidur.
 
4. Lemon: Untuk mengurangi jet lag, tambahkan beberapa tetes jus lemon ke dalam air panas dan minum atau cukup konsumsi sepotong lemon saja.

Baca juga: Alami jet lag? begini cara mengatasinya

Baca juga: Makanan penangkal jet lag

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023