Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai adanya potensi hujan lebat pada, Minggu, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, dan Jawa Barat.

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, Minggu, status waspada hujan lebat juga dialami oleh Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: BMKG prediksi hujan lebat guyur sebagian besar wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG sebut sejumlah wilayah waspadai hujan lebat hingga karhutla


Selain hujan lebat, beberapa wilayah juga berpotensi mengalami angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam seperti Aceh, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua.

Hujan disertai kilat dan petir juga diperkirakan menerjang wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Meski terdapat potensi hujan lebat hingga angin kencang, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau, karena fenomena El Nino di Samudera Pasifik terutama angin Mosun Australia.

Dwikorita menjelaskan awal musim hujan di wilayah Indonesia baru terjadi pada November 2023 atau lebih lambat jika dibandingkan dengan biasanya.

"Awal musim hujan diprediksi akan terjadi pada November 2023, tapi karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," katanya.

Baca juga: BMKG imbau sejumlah wilayah waspada hujan lebat hingga karhutla

Masih adanya musim kemarau di beberapa daerah memunculkan peluang terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), seperti di Jambi, Sumatera Selatan, Jambi, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023