Nanjing (ANTARA) - Wahana penjelajah Mars Zhurong dan sembilan penemuan lain yang dipatenkan memenangkan penghargaan "Desain Emas" di ajang Penghargaan Paten China (China Patent Awards) ke-24 pada Sabtu (9/9).

Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional (National Intellectual Property Administration/NIPA) China memberikan 10 penghargaan kepada para desainer dalam sebuah upacara yang diadakan di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, China timur.

Zhurong adalah bagian dari misi eksplorasi Mars Tianwen-1 China. Wahana ini mendarat di Utopia Planitia, sebuah dataran luas di belahan utara planet merah itu, pada 15 Mei 2021.

Wahana penjelajah bertenaga surya dengan enam roda dan menyerupai kupu-kupu biru ini dinamai dewa api dalam mitologi China kuno. Dengan tinggi 1,85 meter dan berat 240 kg, Zhurong mampu melaju dengan kecepatan 0,2 kilometer per jam di permukaan Mars.

Para pemenang lainnya termasuk sebuah crawler crane yang banyak digunakan dalam konstruksi teknik, dan sebuah pemindai tomografi terkomputasi (computed tomography/CT) canggih untuk diagnosis medis.

China Patent Awards telah diselenggarakan bersama oleh NIPA dan Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (World Intellectual Property Organization/WIPO) sejak 1989. Penghargaan tersebut merupakan hadiah utama negara itu untuk berbagai penemuan dan desain industri yang dipatenkan.

Jumlah permohonan untuk desain baru di China berjumlah 795.000 pada tahun 2022. Menurut WIPO, China memimpin dunia dalam jumlah permohonan paten, merek dagang, dan desain.

Sebagian besar desain pemenang penghargaan emas ini akan ditampilkan kepada publik di China (Wuxi) International Design Expo ke-18, yang akan berakhir pada 11 September mendatang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023