Alhamdulillah, kami semua delegasi Indonesia, termasuk dari Belitung selamat dari musibah gempa bumi di Maroko. Saat ini dalam keadaan sehat walafiat
Belitung, Babel (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangkan Belitung, MZ Hendra Caya mengemukakan bahwa delegasi Geopark Belitung, berhasil selamat dari musibah gempa bumi dahsyat yang terjadi di Marrakesh, Maroko pada, Jumat (8/9) lalu.

"Alhamdulillah, kami semua delegasi Indonesia, termasuk dari Belitung selamat dari musibah gempa bumi di Maroko. Saat ini dalam keadaan sehat walafiat," katanya ketika dihubungi ANTARA dari Tanjung Pandan, Ahad.

Menurut dia, keberadaan mereka di Maroko dalam rangka mengikuti "The 10th Internasional Conference on UNESCO Global Geopark" di Marrakesh, Maroko pada, 7-9 September.

Ia menjelaskan ombongan delegasi Geopark Belitung di antaranya adalah Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Annyta berhasil selamat dalam peristiwa gempa tersebut.

"Terima kasih atas doa dan perhatian seluruh masyarakat Belitung," ujarnya.

Ia menceritakan,gempa bumi tersebut terjadi pada, Jumat (8/9) pukul 23.15 waktu setempat. Saat itu, mereka sedang tidur di hotel Zalagh Kasbah, Marrakesh, Maroko.

Hotel tersebut diketahui berada dekat dengan titik pusat gempa saat itu.

"Pada saat itu kami sedang tertidur nyenyak, getarannya terasa sangat kencang," katanya.

Dikatakannya bahwa saat berlangsungnya gempa tersebut, para tamu hotel panik dan berhamburan ke luar hotel guna menyelamatkan diri.

Menurutnya, mereka terpaksa tidur di luar hotel guna mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

"Sampai pagi kami terpaksa tidur di luar hotel atau di depan kolam renang guna menghindari gempa susulan," katanya.

Ia menambahkan, meskipun sempat diwarnai gempa bumi kegiatan The 10th Internasional Conference on UNESCO Global Geopark" berjalan sesuai rencana.

"Acara The 10th Conference Internasional on UNESCO Global Geopark berjalan sesuai rencana. Kami saat ini masih menunggu rencana kepulangan," demikian MZ Hendra Caya ​​​​​​​.

Baca juga: Gempa Maroko: Korban tewas lebih dari 2.000 orang

Baca juga: Presiden sampaikan bela sungkawa mendalam untuk korban gempa Maroko

Baca juga: Kemlu: Tidak ada WNI jadi korban gempa Maroko

Baca juga: BMKG: Gempa M 6,9 terbesar sepanjang sejarah Negara Maroko

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023