Banjarmasin (ANTARA) - Tim Ekspedisi Maritim 2023 dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI Angkatan Laut menelusuri sejarah perjuangan Angkatan Laut Republik Indonesia (AL-RI) Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang menjadi simbol perlawanan terhadap Belanda pada masa menegakkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

"Tim menempuh rute darat yang diawali dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju makam pahlawan Hasan Basry selaku Panglima ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Banjarbaru," kata Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan yang memimpin tim Expedisi Maritim, Minggu.

Setelah upacara dan tabur bunga di makam Hasan Basry, tim melanjutkan perjalanan ke Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 di Desa Mandapai Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Agus menyebut generasi saat ini dan seterusnya harus dikenalkan dengan sejarah perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Salah satunya Hasan Basry yang di masa hidupnya banyak memimpin pertempuran melawan penjajah, sehingga Kalimantan Selatan dapat mempertahankan kedaulatan NKRI di Bumi Lambung Mangkurat.
Lanal Banjarmasin melaksanakan bakti kesehatan sunatan massal di Desa Mandapai Batu Bini dalam rangkaian kedatangan Tim Expedisi Maritim 2023. (ANTARA/Firman)


Untuk mewarnai kehadiran Tim Ekspedisi Maritim, Lanal Banjarmasin mengadakan bakti kesehatan dan bakti sosial di Desa Mandapai Batu Bini seperti sunatan massal, donor darah serta tali asih dan pembagian paket sembako bagi panti asuhan dan masyarakat setempat.

Ekspedisi Maritim 2023 bertujuan mengedukasi generasi penerus tentang negara maritim Indonesia dan potensi serta sejarahnya.

Tim dibagi menjadi dua rute yaitu rute putih dari titik awal Lantamal XII Pontianak menuju Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan dan rute merah dari Lantamal XIII Tarakan dari arah utara Kalimantan yang bertemu di garis akhir Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Pewarta: Firman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023