Sepanjang Agustus 2023 jumlah warga terjangkit ISPA tercatat 7.194 orang, atau mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya 3.999 orang
Lebak (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Banten, mengimbau masyarakat di daerah itu meningkatkan kewaspadaan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada musim kemarau sekarang ini sebagai dampak dari El Nino.
 
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak Firman Rahmatullah, Minggu, di Lebak, mengatakan kasus ISPA pada musim kemarau terjadi peningkatan sehingga masyarakat harus waspada terhadap penyakit tersebut.
 
Sepanjang Agustus 2023 jumlah warga terjangkit  ISPA tercatat 7.194 orang, atau mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya 3.999 orang.

Baca juga: Dinkes Kalsel imbau warga pakai masker waspadai ISPA
 
Dengan kondisi itu, ia mengimbau masyarakat dapat menjaga daya tubuh yang baik dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan sayuran serta buah-buahan juga banyak istirahat.
 
Menurut dia,  jika mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin sehingga imunitas tubuh semakin kuat dan tidak mudah terserang ISPA.
 
Selain itu, juga masyarakat dapat membiasakan budaya pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menjaga kebersihan lingkungan serta menggunakan air bersih.
 
"Kami optimistis jika PHBS menjadi budaya hidup juga mengonsumsi makanan yang bergizi akan terhindar dari penyebaran ISPA pada musim kemarau," ujar Firman.

Baca juga: Polusi tinggi, Kemenkes: Kasus ISPA di Jabodetabek meningkat
 
Menurut dia, masyarakat yang terserang penyakit ISPA kebanyakan berobat ke puskesmas, klinik, dan rumah sakit.
 
Penyakit ISPA tentu berbahaya apalagi bila sudah disertai pneumonia sehingga pasien sulit ditolong.
 
Beberapa gejala ISPA, di antaranya hidung tersumbat dan pilek, batuk kering tanpa dahak, demam ringan, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, bernapas cepat atau kesulitan napas dan warna kebiruan pada kulit akibat kekurangan oksigen.
 
"Kami minta bila warga terserang penyakit ISPA sebaiknya diperiksa ke tenaga medis guna mencegah penyakit yang membahayakan," katanya.
 
Sementara itu, Humas RSUD Adjidarmo Kabupaten Lebak dr Jauhari Assukri mengatakan selama musim kemarau terjadi peningkatan pasien ISPA, sehingga petugas medis bekerja keras untuk memberikan pengobatan agar mereka lekas sembuh.
 
"Kami pada Agustus lalu itu menerima pasien ISPA sebanyak 37 orang," katanya.
   
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023