Kita harus pastikan program Bapak Presiden Joko Widodo ini sukses, dengan mendorong regenerative tourism yang akan membawa dampak positif di Likupang
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan dukungan 'regenerative tourism' pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang, Sulawesi Utara.

"Kita harus pastikan program Bapak Presiden Joko Widodo ini sukses, dengan mendorong regenerative tourism yang akan membawa dampak positif di Likupang," kata Sandiaga dalam jumpa pers secara daring yang dipantau di Jakarta, Senin.

Sandiaga mengungkapkan, regenerative tourism merupakan konsep yang melampaui pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) tradisional dengan fokus pada pemulihan dan regenerasi lingkungan serta masyarakat lokal.

Menurut dia, regenerative tourism tidak hanya membangun infrastruktur secara fisik, tetapi juga meningkatkan aspek kualitas lingkungan dan sosial.

Adapun tujuan utamanya adalah mengembangkan destinasi wisata yang lebih baik daripada kondisi awalnya.

"Ini adalah pariwisata era baru. Manfaatnya tidak hanya bagi lingkungan, tetapi juga perekonomian masyarakat di sekitarnya," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang melalui pembangunan jalan bandara.

Baca juga: Menparekraf: Target wisman ke Borobudur 2 juta kunjungan per tahun

Selain itu, Pemkab Minahasa Utara juga telah berkolaborasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pembangunan homestay atau penginapan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang penyediaan bus wisata, serta Kementerian/Lembaga lainnya terkait promosi pariwisata di KEK Likupang.

"Pengembangan KEK Likupang tentu turut memperhatikan aspek ekonomi kreatif, salah satunya dengan gelaran Likupang Tourism Festival," katanya.

Seperti diketahui, lima destinasi super prioritas merupakan bagian dari program “10 Bali Baru” yang dicanangkan pemerintah.

Destinasi tersebut di antaranya: Danau Toba di Sumatera Utara, yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia; Candi Borobudur di Jawa Tengah, objek wisata tunggal Tanah Air yang paling banyak dikunjungi wisatawan; Mandalika di Nusa Tenggara Barat; Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, yang terdapat Pulau Komodo sebagai habitat asli Komodo satu-satunya di dunia; dan Likupang di Sulawesi Utara, sebagai wisata bahari dengan pantai dan panorama bawah laut yang indah.

Destinasi tersebut diharapkan tidak hanya menjadi daya tarik wisatawan saja, namun turut menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat.

Baca juga: BKPM undang investor tanamkan modal kembangkan sektor pariwisata

Baca juga: Menparekraf: Destinasi wisata super prioritas dilengkapi RS berkelas

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023