Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) bersama Central South University (CSU) China bekerja sama dengan GEM Co Ltd, perusahaan energi baru, daur ulang, dan urban mining, mengembangkan riset sains dan teknologi.

Sekretaris Universitas UI Agustin Kusumayati di Kampus UI Depok, Senin, mengatakan pentingnya kolaborasi global antar-universitas dan perusahaan dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kami berharap pertemuan ini dapat menjadi langkah awal yang lebih serius untuk kolaborasi berdampak di masa depan," katanya.

Sementara itu Vice President CSU China, Gou Xueyi, menyebut sebagai School of Metallurgy and Environment (SME) yang telah berdiri selama 70 tahun, CSU memiliki sistem geologi, pertambangan, dan metalurgi yang lengkap.

CSU menjadi salah satu universitas top dunia dalam bidang disiplin metalurgi yang menduduki peringkat 1 dan 3 dunia untuk Teknik Pertambangan dan Teknik Metalurgi versi Academic Ranking of World Universities.


Baca juga: UI dan Tzu Chi kerja sama tingkatkan kualitas SDM

“Dibawahi langsung oleh Ministry of Education of the People’s Republic of China, kedatangan kami untuk membangun hubungan pertemanan dan kolaborasi ilmiah. Kami yakin UI merupakan universitas ternama di Indonesia, sehingga terdapat ruang yang sangat besar untuk meningkatkan kerja sama internasional antara Indonesia–China ke level yang lebih tinggi,” ujarnya. 

Chairman GEM Co Ltd Prof Xu Kaihua yang juga merupakan lulusan CSU menambahkan selain bekerja sama di bidang akademik, Indonesia dan China juga telah menjadi mitra bisnis besar di kancah dunia.

Menurutnya, Indonesia saat ini tengah menjadi sorotan global, sehingga kualitas UI dan kemajuan Indonesia saat ini menjadi dorongan utama bagi para pebisnis besar untuk menjalin kolaborasi.

Ia juga mengaku disarankan langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) untuk bekerja sama dengan UI. "Harapannya kerja sama kita dapat berkontribusi terhadap perekonomian dan teknologi di Indonesia," kata Prof Xu Kaihua.

GEM Co Ltd telah bekerja sama dengan Indonesia sejak tahun 2019. Selama empat tahun di Indonesia, GEM telah memberikan berbagai investasi, baik di bidang bisnis maupun akademik.


Baca juga: Universitas Kedokteran China Jajaki Kerjasama dengan UI

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023