Temanggung (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dalam beberapa pekan terakhir telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 25 tangki ke sejumlah daerah yang mengalami kekeringan.

"Sejumlah daerah yang mengalami kekeringan tersebut berada di wilayah Kecamatan Kandangan, Bulu, Bejen, Kranggan, dan Pringsurat," kata Ketua PMI Kabupaten Temanggung Bambang Dewantoro di Temanggung, Senin.

Baca juga: BPBD Temanggung distribusikan air bersih di tiga kecamatan

Ia menyampaikan hal tersebut saat mendistribusikan bantuan air bersih bagi masyarakat di Dusun Balong, Desa Bansari, Kecamatan Bulu.

"Hari ini kami menyalurkan bantuan air bersih di Dusun Balong, Desa Bansari untuk sekitar 550 jiwa dan Dusun Pete, Desa Kembangsari, Kecamatan Kandangan untuk sekitar 425 jiwa," katanya.

Bambang mengatakan sebagai bentuk kepedulian bersama, PMI Kabupaten Temanggung ikut menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang terdampak kekeringan.

Baca juga: BPBD Temanggung siapkan 7 juta liter air bersih atasi kekeringan

"Bantuan layanan kemanusiaan ini bertujuan agar warga yang mengalami krisis air bersih mendapat pasokan air untuk memenuhi kebutuhan memasak maupun minum," katanya.

Ia berharap ada dukungan bantuan air bersih tersebut dari pihak lain, seperti badan usaha, perusahaan, lembaga, kelompok masyarakat maupun individu.

"Anggaran PMI ini juga didukung oleh kepedulian dari masyarakat, lembaga, dan kelompok. Salah satu contohnya, bantuan air bersih dua tangki hari ini merupakan sumbangan dari alumni SMP Negeri 2 angkatan 1973," katanya.

Baca juga: Temanggung bentuk satgas bencana kekeringan

Menurut dia, distribusi air bersih ini akan dilakukan PMI Temanggung hingga datang musim hujan. Setiap ada permintaan dari masyarakat, PMI segera memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tersebut.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023