"Sosialisasi tatap muka dengan masyarakat bersama Kesbangpol, kegiatan senam dengan kormin, ponpes, pagelaran budaya hingga pentas seni juga kami lakukan,"
Pandeglang (ANTARA) - Komisi pemilihan umum, KPU Kabupaten Pandeglang menargetkan partisipasi pemilih di Pemilu 2024 mendatang sebanyak 80 persen dan untuk itu sosialisasi terus digencarkan terutama untuk kalangan pemilih pemula.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Nunung Nurazizah saat menerima kirab bendera Pemilu di Alun-alun kota Pandeglang, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Nunung menyebut, angka pilih pemula di Pemilu 2024 mencapai 9,3 persen atau 95.971 jiwa dari total DPT yang ditetapkan sebanyak 996.127 jiwa. Dengan tingginya angka pemilih pemula tersebut, menjadi dorongan bagi KPU Pandeglang untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut dia, pihaknya terus melakukan berbagai sosialisasi, salah satunya sosialisasi ke seluruh sekolah menengah atau sederajat. Diharapkan upaya tersebut mampu meningkatkan partisipasi Pemilu 2024 di Kabupaten Pandeglang.

"Sosialisasi tatap muka dengan masyarakat bersama Kesbangpol, kegiatan senam dengan kormin, ponpes, pagelaran budaya hingga pentas seni juga kami lakukan," katanya menambahkan.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, Kirab Pemilu yang dilakukan satu tahun sebelum pelaksanaan pemilu ini dapat dijadikan ajang sosialisasi bagi masyarakat.

Menurutnya, momentum Pemilu 2024 ini menjadi momen yang istimewa bagi seluruh lapisan masyarakat, karena Pemilu menjadi sarana bagi rakyat untuk memilih, menyatakan pendapat melalui suara.

"Partisipasi masyarakat sebagai bagian penting dari negara sehingga turut serta dalam menentukan haluan negara," katanya.

Irna juga mengatakan, setelah serah terima bendera kirab Pemilu ini akan digelar sosialisasi edukasi kepada seluruh rakyat masyarakat Pandeglang yang tujuannya untuk mensukseskan angka partisipasi.

"Semoga dampak dari sosialisasi ini mereka (masyarakat) berduyun-duyun untuk mendatangi TPS agar bisa menunaikan hak suaranya," pungkasnya.

Diketahui, Rangkaian kirab Pemilu ini dimulai dari serah terima bendera kirab Pemilu dari Kabupaten Serang ke Kabupaten Pandeglang. Setelah disosialisasikan di Pandeglang selama 7 hari, bendera kirab akan diserahkan ke Kabupaten Lebak pada 18 September 2023.

Pewarta: Rangga/Bayu Kuncahyo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023