Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan kepada partai politik untuk terus menjaga kesejukan menjelang Pemilu Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya saat menghadiri acara Malam Puncak “INDONESIA 12AYA”, Hari Ulang Tahun ke-12 Kompas TV, di Jakarta, Senin malam, sebagaimana disaksikan secara daring.

"Saya berpesan kepada partai politik untuk selalu membawa kesejukan menjelang Pemilu," ujar Wapres di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan seluruh tahapan menuju pemilu hendaknya senantiasa dilakukan dalam situasi yang damai, sehingga masyarakat dapat menyaksikan dan menikmati proses demokrasi yang menyenangkan dan berbalut persatuan nasional.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan kepada penyelenggara pemilu serta seluruh unsur birokrasi dan TNI serta Polri untuk terus menjaga netralitasnya dalam Pemilu.

Baca juga: Wapres: Pers unsur penentu proses suksesi kepemimpinan nasional

Dia meminta seluruh pihak tersebut memastikan tidak ada keberpihakan dan kecurangan yang dapat mengurangi kredibilitas dan akuntabilitas Pemilu.

"Jika ada gugatan dan sejenisnya, agar diproses melalui mekanisme sesuai dengan perundangan yang berlaku," ujarnya.

Dia meyakini penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di pusat dan daerah, terus bekerja keras menyelesaikan setiap tahapan pemilu, baik pemilihan presiden, legislatif, maupun pilkada.

Lebih jauh kepada insan pers, Wapres meminta untuk mengawal terus proses dan tahapan pemilu melalui penyuguhan informasi yang valid, segar, dan aktual, sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan damai dan demokratis.

Media mesti menjaga keadaban publik dan nalar rasional masyarakat dalam menghadapi tahun politik 2024.

Baca juga: Wapres tekankan pentingnya peran media jaga stabilitas politik

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023