Jakarta (ANTARA) - Produsen motor listrik lokal United E-Motor menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan asal Malaysia, Artroniq Berhad untuk memperluas jaringan distribusi serta pendirian pabrik di Negeri Jiran tersebut yang berlangsung di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin.
 
 
Penandatanganan kontrak kerja sama pabrik, perakitan, distribusi dan pelayanan United E-Motor di Malaysia dilakukan oleh Direktur PT Terang Dunia Internusa (TDI) Henry Mulyadi dengan Chief Financial Official Artroniq Berhad Marcus Chin.
 
Penandatanganan kontrak kerja sama itu turut disaksikan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, serta Chairman ASEAN Tourism, Trade and Economic Council/ATEC sekaligus Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia/HIPPINDO Budihardjo Iduansjah.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan perluasan jaringan distribusi motor listrik United E-Motor ke Malaysia diharapkan dapat menambah nilai ekspor Indonesia yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi.
 
"Apa dilakukan ini dengan ekspor ke Malaysia saya pikir merupakan prestasi harapan saya produk-produk ini memang bisa diandalkan dan mampu untuk menambah nilai ekspor kita sehingga pertumbuhan Indonesia makin baik," kata Budi.
 
Sementara itu, Chairman ATEC sekaligus ketua umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah menerangkan perluasan jaringan ekspor ritel sekaligus jasa United E-Motor ke Malaysia mengikuti jejak sejumlah jenama lokal yang melakukan hal serupa.
 
“Setelah KTT ASEAN yang berlangsung tanggal 4-7 September 2023 dan mengikuti jejak Kenangan Coffee dan Sari Ratu maka sekarang United mulai melebarkan sayapnya ke Malaysia melakukan ekspor ritel dan jasa karena selain membuka toko ritel juga membuka pabrik, perakitan, distribusi dan pelayanan produk,” kata Budihardjo.
 
Direktur PT TDI Henry Mulyadi menilai bahwa kerja sama ini baik untuk citra industri motor listrik dalam negeri di mata dunia.
 
“Ekspansi United E-Motor ke Malaysia dapat memberi dampak positif bahwa industri kendaraan listrik dalam negeri memiliki potensi yang besar untuk berkembang di mancanegara," kata Henry.
 
Dia berharap produk motor listrik Indonesia dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan kualitasnya dapat diakui dengan baik.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023