Manado (ANTARA) - Stasiun Geofisika Manado, Sulawesi Utara menyebutkan belum ada gempa tektonik susulan pascagempa utama pada pukul 19.51.33 WIB di wilayah Sahu, Halmahera Barat, Maluku Utara.

"Setelah gempa utama, belum ada gempa susulan yang terjadi. Kami akan memutakhirkan datanya di grup percakapan BMKG dan stakeholder," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Muhammad Zulkifli di Manado, Senin.

Dia menambahkan, belum ada kerusakan yang terjadi akibat gempa yang melanda wilayah tersebut.

"Jadi informasi dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah Halmahera Barat belum ada kerusakan," ujarnya.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku.

Baca juga: Bagian luar gedung KONI Sulut mengalami kerusakan akibat gempa
Baca juga: BMKG: Gempa M6,2 Halmahera Barat dipicu aktivitas lempeng Laut Maluku


Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik, katanya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,2 dengan episenter terletak pada koordinat 1,18° LU ; 127,44° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sahu, Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 152 kilometer.

Lindu tersebut dirasakan di Jailolo, Kota Manado, Sangihe, Kotamobagu dengan skala intensitas III-IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Selanjutnya di Kota Ternate, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Gempa juga terasa di Gorontalo, Minahasa Utara, Taliabu, Ambon dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga: BPBD Sulteng: Dua kecamatan terdampak gempa Donggala
Baca juga: BNPB: Pengungsi gempa Donggala mulai kembali ke rumah
Baca juga: Gempa Maroko: Korban tewas lebih dari 2.000 orang

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023