Solo (ANTARA) - Manajer timnas Indonesia U-23 yang juga merupakan Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Endri Erawan mengatakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan turun melobi langsung izin pemain ke klub-klub untuk membela timnas Indonesia U-23 jika lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Piala Asia U-23 2024 bukan merupakan agenda FIFA dan hal ini tentu PSSI tidak ingin ada polemik yang sama seperti persoalan izin pemain dari klub-klub untuk memperkuat timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023 akhir Agustus lalu.

Ditambah, Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei tahun depan dan pada periode itu, Liga 1 musim 2023/2024, kompetisi yang mayoritas diikuti pemain timnas U-23 Indonesia, memasuki pekan-pekan terakhir babak reguler series dan menjelang dimulainya babak championship series.

“Sudah (ada antisipasi). Bahkan yang langsung koordinasi dan langsung bicara, Pak Erick kemungkinan. Karena ini kan tim ya, karena ini targetnya bukan target PSSI saja, tapi target bangsa kita untuk ke Olimpiade. Harus pemain terbaik yang mewakili,” kata Endri setelah selesai menemani timnas U-23 berlatih di Stadion Sriwedari, Solo, Senin.

Baca juga: Shin apresiasi kepedulian Erick untuk timnas di tengah kesibukannya

Endri mengatakan, dalam hal ini, agar tidak terulang kejadian polemik izin pemain seperti di Piala AFF U-23 2023, induk sepak bola di Indonesia itu akan jauh-jauh hari melakukan komunikasi kepada klub-klub Tanah Air terkait izin pemain untuk memperkuat tim Garuda Muda.

“Kemungkinan kita akan bicara jauh-jauh hari dengan pemilik klub apabila kita lolos. Memang sudah dipersiapkan formula dari PSSI untuk bagaimana berbicara dengan klub-klub,” ucap Endri.

Indonesia tinggal selangkah lagi untuk lolos ke putaran final turnamen yang rencananya digelar di Qatar tahun depan nanti setelah meraih kemenangan telak 9-0 dari China Taipe pada laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9).

Hal ini membuat Indonesia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Turkmenistan pada posisi kedua dengan poin yang sama.

Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong akan meladeni Turkmenistan pada laga terakhir, Selasa (12/9) pukul 19.00. Pada laga itu, Indonesia hanya membutuhkan satu poin atau hasil imbang untuk mengunci juara grup dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Baca juga: Timnas Indonesia U-23 bersiap hadapi Turkmenistan pada laga pamungkas
Baca juga: Elkan Baggot bertekad menangkan laga lawan Turkmenistan


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023