Ada lebih dari 56 ribu alumni Unand ,dan 133 di antaranya merupakan alumni leaders yang memiliki posisi penting
Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat mengumpulkan para alumni terbaik (alumni leaders) yang berkiprah di berbagai bidang dalam rangka membahas kemajuan dan perkembangan perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut.

"Ada lebih dari 56 ribu alumni Unand ,dan 133 di antaranya merupakan alumni leaders yang memiliki posisi penting," kata Ketua Panitia Leaders Summit 2023 Muhammad Makky di Padang, Selasa.

Makky menyebutkan 133 alumni tersebut saat ini menempati posisi strategis dan pemangku kebijakan di institusi masing-masing, baik pemerintah daerah dan pusat, lembaga negara, kementerian, industri dan lain sebagainya.

Baca juga: Rektor: Unand konsisten kembangkan inovasi dari tanaman gambir
  Alumni Leaders Summit merupakan bagian dari rangkaian kegiatan alumni leaders. Kegiatan tersebut menghasilkan empat kelompok kerja yang membagi alumni berdasarkan latar belakang masing-masing.

Melalui pertemuan itu, para alumni diharapkan memberikan kontribusi terhadap kampus maupun masyarakat.
  Pada bidang akademik, fokus utama pembahasan alumni terkait upaya meningkatkan kualitas lulusan melalui proses pembelajaran yang bermutu. Misalnya, akselerasi kegiatan Merdeka Belajar bagi mahasiswa termasuk di dalamnya kesempatan untuk berkegiatan di perusahaan yang dipimpin alumni Unand.

Alumni yang termasuk pada klaster ini pada umumnya berkiprah sebagai pimpinan perguruan tinggi, lembaga pendidikan, kementerian, dan lain sebagainya.
  Kemudian, pada klaster riset, pemikiran utama yang dikemukakan terkait dengan keunggulan bisnis melalui digitalisasi dan hasil riset sesuai kebutuhan serta bernilai komersial. Bahasan alumni fokus pada strategi digitalisasi yang juga mendukung perusahaan rintisan maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Unand tingkatkan kompetensi lulusan melalui bantuan hibah Rp1,2 miliar

"Klaster kerja sama dan riset menekankan pada hulunisasi dan hilirisasi riset Unand untuk teknologi yang bermanfaat bagi bangsa," kata dia.
  Termasuk pula kolaborasi antara kampus, industri dan pemerintah dalam menyediakan solusi dan produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kemudian pada klaster kebijakan publik, para alumni diharapkan dapat berkontribusi mendorong kebijakan pendidikan tinggi yang mendukung kompetensi generasi muda Indonesia di tataran ASEAN.
  Sementara itu, Wakil Rektor IV Unand Hefrizal Handra mengatakan para alumni yang menduduki posisi sebagai pimpinan atau kepala daerah, kementerian, kejaksaan, hingga politisi diharapkan ikut mengawal pemikiran-pemikiran tersebut.

"Unand berharap alumni leaders ini merangkai kedekatan sesama alumni, dan menjalin hubungan yang semakin baik antara universitas dengan alumni," harapnya.

Baca juga: Mahasiswa Unand ciptakan permen keras untuk penyembuhan reumatik

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023