Jakarta (ANTARA) - Ada beberapa jenis kue keju yang dapat ditemukan di Jepang, namun kue keju kapas atau kue keju soufflé telah banyak melintasi batas negara dan terkenal di seluruh dunia karena teksturnya yang unik seperti busa.
 
Teknik pembuatan bahannya sedikit berbeda, begitu pula dengan proporsi bahannya, yang membuat kue keju ini lebih ringan. Tekstur kue keju Jepang lebih mirip dengan kue sifon dibandingkan kue keju biasa.
 
Berikut resep kue keju Jepang, yang diterbitkan laman Gulf News, Senin (11/9).

Baca juga: Gerai cheesecake asal Jepang semakin ramaikan Indonesia
 
Waktu persiapan - 15 menit
Waktu memanggang - 1 jam 20 menit
Waktu pendinginan - 1 jam
 
Untuk 6 porsi
 
- Bahan-bahan:
 
160 gram krim keju
 
2 butir telur utuh
 
100 gram gula jarak atau gula prima
 
30 gram tepung serbaguna
 
1/2 sdt ekstrak vanila (opsional)

Baca juga: Beruang lucu Rilakkuma hadir dalam versi kue tradisional Jepang
 
- Cara membuat:
 
1. Panaskan oven hingga 150°C dengan penangas air, lapisi loyang bulat berukuran 6 inci dengan kertas roti dan pisahkan kuning telur dari putihnya.
 
2. Ambil krim keju, kuning telur, tepung yang sudah diayak, dan ekstrak vanila ke dalam mangkuk lalu aduk hingga tercampur rata.
 
3. Di mangkuk lain, mulailah mengocok putih telur menggunakan pengocok listrik. Setelah putihnya mengembang dan berbusa, tambahkan gula secara bertahap. Setelah semua gula ditambahkan, kocok putihnya hingga mencapai puncak lunak dan semua gula larut.
 
4. Pindahkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan panggang dengan uap dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 150°C selama sekitar 40 menit. Kemudian, turunkan suhu menjadi 120°C dan panggang lagi selama 40 hingga 50 menit.
 
5. Setelah kue keju memiliki bagian atas berwarna keemasan dan matang sepenuhnya, keluarkan dari oven dan biarkan mencapai suhu ruang.
 
6. Buka cetakannya dan keluarkan kertas perkamennya.
 
Sajikan segera untuk tekstur lembutnya.

Baca juga: Azuki, ciri khas makanan penutup Negeri Sakura
 
- Kiat yang perlu diperhatikan
 
1. Hanya gunakan krim keju penuh lemak dan telur bersuhu ruangan.
 
2. Berhati-hatilah saat memisahkan telur. Putih telur tidak boleh mengandung kuning telur; jika tidak, itu tidak akan mengembang.
 
3. Pastikan mangkuk untuk putih telur bersih dan kering agar putih telur mencapai puncak lembut.
 
4. Lipat adonan dengan sangat hati-hati untuk memastikan tidak ada atau sedikit pun udara yang keluar dari adonan, karena putih telur yang diangin-anginkan memberikan tekstur unik pada kue keju.
 
5. Pastikan suhunya tidak terlalu tinggi; jika tidak, bagian atasnya akan retak karena panas.
 
6. Anda dapat menyimpan kue keju dalam wadah kedap udara di lemari es untuk disajikan dalam waktu 24 jam. Namun, teksturnya mungkin hilang.
 
7. Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya dengan membumbuinya dengan ekstrak pilihan Anda dan menyajikannya dengan buah segar atau kolak.

Baca juga: Resep No Bake Cheesecake ala Tom & Jerry

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023