Pontianak (ANTARA) - Delegasi Pemerintah Porvinsi Jiangsu China melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat untuk membahas peluang investasi di daerah ini.

"Kami memberikan sambutan hangat kepada delegasi dari Provinsi Jiangsu dan dalam pertemuan ini, kami memberikan gambaran umum tentang situasi dan kondisi saat ini di Kalimantan Barat," kata Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Alfian, saat menyambut kedatangan delegasi dari Provinsi Jiangsu, yang dipimpin oleh Liu Jianyang, beserta rombongan mereka di Pontianak, Selasa.

Selain itu, Alfian juga memberikan penjelasan mengenai perkembangan aktivitas ekonomi di Kalimantan Barat selama dua tahun terakhir, yang terus menunjukkan pertumbuhan positif dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

"Saat ini, aktivitas ekonomi di Kalimantan Barat telah mengalami perbaikan yang signifikan selama dua tahun terakhir, dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,07% pada tahun 2022, dibandingkan dengan tahun 2021," tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, melihat situasi di mana Ibu Kota Negara akan segera dipindahkan ke Kalimantan Timur, diharapkan bahwa ini akan meningkatkan kegiatan ekonomi dan investasi di Pulau Kalimantan, khususnya di Kalimantan Barat.

Alfian juga berharap bahwa hasil pertemuan ini dapat menjadi dasar bagi kerjasama antara Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Jiangsu.

Sementara itu, Mr. Liu Jianyang, Pimpinan Delegasi dari Provinsi Jiangsu, memberikan penjelasan  wilayah Provinsinya lebih kecil dari pada Kalimantan Barat, jumlah penduduknya melebihi 100.000 lebih banyak dari Provinsi Kalimantan Barat.

Provinsi Jiangsu juga merupakan salah satu Provinsi terdepan di China dan telah mencapai kemajuan pesat dalam bidang pertanian, sehingga menempati peringkat ketiga di seluruh China dalam hal ketersediaan pangan dan eksperimen di bidang pertanian.

"Saya berharap agar Provinsi Kalimantan Barat dapat mendukung usaha dari Provinsi Jiangsu yang telah berinvestasi di wilayahnya, dengan harapan Kalimantan Barat akan terus berkembang ke depannya," kata Mr. Liu.


 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023