Moskow (ANTARA News) - Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov lolos dari cedera setelah jatuh dari kuda selama acara balap kuda nasional pada Minggu, kata laporan BBC.

Presiden 55 tahun itu meninggalkan enam pembalap lain di belakangnya untuk memenangkan perlombaan, tetapi kudanya bernama Berkarar (Kuat) tersandung setelah memasuki garis finis dan melemparkan Berdymukhamedov terbang di atas kepalanya dan mendarat berdebum di tanah.

Presiden tetap berbaring diam selama beberapa detik di trek balap sebelum puluhan petugas keamanan bergegas untuk menghampiri dia. Dia akhirnya dibawa pergi dengan sebuah mobil ambulans.

Menurut koresponden BBC, ada keheningan di stadion selama sekitar setengah jam dengan beberapa orang mulai menangis memperkirakan kabar terburuk.

Namun, Berdymukhamedov muncul tanpa cedera setelah 40 menit dan mengenakan kostum nasional ia melambaikan tangan kepada penonton. Kerumunan kemudian menyambutnya dengan tepuk tangan.

Para pejabat Turkmenistan kemudian mengumpulkan seluruh wartawan di acara tersebut meminta mereka untuk menghapus semua rekaman dan video insiden yang menggambarkannya sebagai kecelakaan olahraga, kata BBC.

Namun demikian rekaman dan video ternyata lolos bisa dibawa keluar dari stadion dan video dari insiden itu kemudian diposting terutama di EurasiaNet.org, demikian laporan RIA Novosti.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013