Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MPR RI yang juga anggota Komisi VI DPR Lukman Edy mengatakan Indonesia adalah negara yang mampu menempatkan sejajar agama dan negara.

"Kalau di negara lain, ada ruang khusus bagi agama dan tidak boleh mencampuri negara. Tapi Indonesia berhasil menempatkan posisi agama dan negara dalam posisi yang ideal," kata Lukman saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Padang, Rabu.

Lukman menambahkan Indonesia tidak bisa memisahkan agama dari nkebangsaan atau negara. "Negara Indonesia tidak menyatakan sebagai negara agama dan bukan negara sekuler," kata dia.

Dia menjelaskan keinginan sebagian daerah untuk memisahkan diri dari NKRI karena sila kelima Pancasila belum bisa diwujudkan.

Oleh karena itu, salah satu cara mencegah keinginan memerdekakan diri adalah hanya dengan upaya pemimpin dalam mensejahterakan rakyat.

"Kalau pemimpin bangsa bersama-sama sejahterakan rakyat, maka keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI tidak akan terjadi," ujar dia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013